Kemasukan Air di Telinga saat Berenang? Ini Cara Mengatasinya

August 19, 2021 | Claudia

Air masuk telinga

Saat kita berenang, masalah air yang masuk ke telinga merupakan masalah umum yang menyebalkan. Air biasanya akan mengalir keluar dari telinga secara alami, namun, jika air terus terjebak di dalam telinga, maka berhati-hatilah karena ini bisa menyebabkan infeksi telinga.

Air yang masuk ke telinga juga akan menyebabkan seseorang mengalami masalah pendengaran. Suara di sekitarnya solah meredam dan ia tidak bisa mendengar dengan baik.

Saat dalam kondisi ini, jangan memasukkan apa pun ke dalam saluran telinga, seperti ena, jari, jepit rambut, atau cotton bud. Melakukannya hanya akan merusak lapisan halus di saluran telinga dan meningkatkan risiko infeksi telinga.

YesDok Ads

Ada beberapa cara aman untuk mengeluarkan air dari telinga Anda, di antaranya:

  1. Menarik atau menggoyangkan daun telinga sambil memiringkan kepala ke arah bahu. Lakukan secara bergantian pada kedua telinga Anda, sampai Anda merasakan air mengalir dari telinga Anda.
  2. Membuat ruang hampa dengan memiringkan kepala ke samping dan menutup telinga dengan telapak tangan. Ini bisa membantu menciptakan ruang hampa yang bisa menarik air keluar dari telinga.
  3. Menerapkan kompres hangat ke telinga. Kompres terus telinga Anda selama 30 detik dan lepaskan selama satu menit. Ulangi proses ini sebanyak empat atau lima kali. Berbaring miring dengan posisi telinga yang kemasukan air berada di bawah juga bisa membantu mengeluarkan air dari telinga.
  4. Gunakan bantuan pengering rambut untuk mengeluarkan air dari telinga. Tarik daun telinga ke bawah seraya menggerakkan pengering dengan gerakan maju mundur. Panas dari pengering dapat membantu mengeluarkan air yang terperangkap di telinga. Namun pastikan untuk mengatur ke suhu terendah dari pengering rambut Anda.

(Foto: puresoundhearingaids.com)

YesDok Ads