Kelebihan Konsumsi Jamur yang Mungkin Belum Banyak Diketahui

December 18, 2020 | Helmi

jamur

Jamur menjadi salah satu pilihan makanan yang sehat untuk Anda konsumsi. Tentu tidak semua jenis jamur bisa dimakan, tapi beberapa menawarkan manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari jamur yang bisa Anda konsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan.

Menyediakan Vitamin D

Jamur adalah satu-satunya produk yang menghasilkan vitamin D, nutrisi yang tidak mudah didapat di banyak makanan yang biasa dimakan. Jamur bisa membuat vitamin D saat terkena sinar UV dari matahari.

Misalnya, satu jamur portobello yang diberi sinar UV mengandung lebih dari 100% Nilai Harian untuk vitamin D. Manfaat yang sama juga bisa didapat dari jamur kancing putih, dan cremini.

Rasanya enak dan tekstur seperti daging

Rasa jamur dideskripsikan sebagai "umami", kata dalam bahasa Jepang yang berarti "rasa gurih yang enak". Jamur portobello dan cremini memiliki rasa yang lebih enak, meskipun rasa jamur kancing putih yang lebih lembut semakin dalam saat dimasak.

YesDok Ads

Jamur portabella juga memiliki tekstur seperti daging, itulah sebabnya Anda akan melihatnya dipanggang utuh atau disajikan di atas roti sebagai pengganti burger daging.

Kaya akan Selenium 

Jamur adalah salah satu sumber selenium yang begitu kaya. Itu adalah mineral yang bekerja seperti antioksidan dalam tubuh Anda, menjaga sel dari jenis kerusakan yang dapat menyebabkan penyakit. Selenium juga berperan dalam sistem kekebalan tubuh.

Dapat membantu menurunkan berat badan

Jamur merupakan salah satu sumber makanan yang sangat rendah kalori. Hanya ada sekitar 20 kalori dalam satu porsi lima jamur kancing putih atau satu jamur portobello. 

Dalam satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Appetite, orang yang lebih memilih konsumsi jamur dengan daging saat makan siang mengurangi jumlah kalori dan lemak yang mereka konsumsi. Tetapi mereka melaporkan merasa kenyang dan puas seperti mereka yang makan daging.

(Foto: Medical News Today)

YesDok Ads