Kelebihan ASI Dibanding Susu Formula

November 27, 2020 | Iman

Pemberian ASI

Para calon orang tua baru wajib menggali informasi mengenai air susu ibu atau ASI eksklusif, termasuk perbandingannya dengan susu formula. Informasi ini penting demi memastikan buah hati kelak mendapatkan yang terbaik. ASI eksklusif memiliki peran besar dalam perkembangan anak. 

Bahkan pemerintah sampai menerbitkan peraturan khusus tentang pemberian ASI eksklusif. ASI adalah cairan yang berasal dari kelenjar payudara ibu, sedangkan ASI eksklusif adalah pemberian ASI kepada bayi sejak lahir hingga berusia enam bulan tanpa ada tambahan makanan atau minuman lain. 

Pemberian obat atau vitamin lewat oral di bawah pengawasan dokter masih boleh selama masa ASI eksklusif jika bayi membutuhkannya. Berikut adalah kelebihan dari ASI.

Hemat

Tak perlu mengeluarkan uang atau biaya untuk memberikan ASI kepada bayi. ASI fresh dan segar, hygienes karna langsung di susukan dari puting ibu. Bayi yang mendapat ASI eksklusif memiliki daya tahan tubuh lebih kuat sehingga jarang sakit, karna pada ASI ada imunoglobulin yang berperan untuk daya tahan tubuh bayi. 

Kenal banyak rasa

YesDok Ads

ASI terdiri atas komponen komponen dari makanan dan minuman asupan ibu. Jadi rasanya pun beraneka ragam, tergantung apa yang di konsumsi ibu. Keuntungannya, bayi bisa mengenal banyak rasa, sehingga kelak dapat lebih menerima bermacam-macam rasa makanan.

Bayi Cerdas

Sejumlah penelitian menyebutkan bayi yang mendapatkan ASI eksklusif memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi di banding kan dengan anak yang diberi susu formula.Tentunya dari ibu yang sehat dengan asupan gizi yang baik dan seimbang.

Ikatan erat

Dalam pemberian ASI, terjadi kontak kulit antara ibu dan bayi. Sentuhan langsung ini memunculkan ikatan yang lebih erat secara emosional.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads