Kekurangan Vitamin B12 Sebabkan Kesehatan Jantung Yang Buruk

September 04, 2020 | Iman

Vitamin b12

Masalah terkait jantung menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia. Bahkan sebuah studi menemukan hubungan antara kadar vitamin B12 dan profil lipid Anda, yang merupakan panel tes darah yang mencakup jumlah kolesterol dan trigliserida (jenis lemak yang ditemukan dalam darah Anda). Lantas apakah memengaruhi faktor risiko Anda untuk penyakit kardiovaskular?

Para peneliti mengamati 341 wanita sehat berusia 19 hingga 30 tahun dan mengumpulkan data tentang pola makan, aktivitas fisik, dan tingkat vitamin mereka. Hasilnya ditemukan bahwa kadar vitamin B12 yang rendah dikaitkan dengan kadar kolesterol total, LDL (kolesterol jahat), dan trigliserida yang lebih tinggi  bahkan setelah disesuaikan dengan efek indeks massa tubuh, lemak perut, dan persentase lemak tubuh total pada tubuh.

“Kadar B12 yang lebih rendah mungkin terkait dengan tingkat yang lebih tinggi dari asam amino yang disebut homosistein dalam darah, yang dipandang sebagai penanda perkembangan awal penyakit jantung, karena dapat merusak arteri dan vena termasuk yang ada di sekitar hati,” kata staf ahli diet di The Ohio State University, Liz Weinandy.

Penelitian yang diterbitkan tahun lalu menunjukkan bahwa orang berusia di atas 60 tahun yang melakukan olahraga sedang atau intens selama 20 menit setiap hari memiliki peluang yang jauh lebih rendah untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular.

Khusus bagi atlet daya tahan seperti pelari, penting untuk mendapatkan cukup vitamin karena dapat memengaruhi tingkat energi dan daya tahan Anda. Tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA) untuk vitamin B12 pada kebanyakan orang dewasa yang sehat adalah 2,4 mikrogram (mcg) per hari, tetapi wanita hamil membutuhkan lebih banyak, 2,6 mcg.

YesDok Ads

“Kebanyakan orang dengan mudah memenuhi jumlah ini jika mereka makan produk hewani seperti daging, ikan, telur, dan makanan olahan susu,” kata Weinandy. Dia menambahkan bahwa orang yang mungkin tidak mendapatkan cukup adalah vegan, vegetarian, orang dengan penyakit GI (karena mereka dapat memiliki masalah malabsorpsi).

Bahkan jika Anda memiliki masalah dengan kolesterol tinggi dan trigliserida, Weinandy tidak menyarankan untuk kehabisan suplemen B12 sampai Anda memeriksakan kadar vitamin Anda ke dokter untuk menentukan apakah Anda benar-benar mengalami kekurangan B12.

Menurut Weinandy jika seseorang memiliki penyakit jantung atau khawatir tentang pencegahannya, mereka harus melihat asupan makanan mereka secara keseluruhan, termasuk tidak hanya B12, tetapi juga berapa banyak lemak sehat dan tidak sehat yang mereka konsumsi.

"Kami tahu orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran juga memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, jadi hal-hal seperti ini harus menjadi fokusnya bukan satu nutrisi tunggal," Weinandy menambahkan.

YesDok Ads