Keistimewaan Kandungan ASI yang Tak Tertandingi Susu Lainnya

August 04, 2019 | Aqiyu

ASI bisa dibilang minuman super magic. Kandungaan yang terdapat pada ASI tidak bisa ditiru oleh minuman atau susu formula paling mahal dan bagus sekalipun. Itu mengapa ASI sangat unggul dan menjadi asupan yang wajib diberikan pada bayi.

Berikut keistimewaan kandungan ASI si kecil:

Air. Sekitar 88% kandungan ASI adalah air. Sehingga cukup menghidrasi tubuh bayi terutama bayi dibawah 6 bulan.

Protein. Mengandung kasein yang lebih rendah dibanding asupan makanan pengganti ASI sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh si kecil. Selain itu juga mengandung laktoferin untuk melindungi bayi dari infeksi saluran pencernaan.

Karbohidrat. ASI mengandung laktosa yang lebih tinggi dibandingkan asupan makanan lainnya. Sehingga mampu membantu meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh bayi. ASI juga mengandung oligosakarida yang dapat melindungi bayi dari infeksi.

Lemak. ASI mengandung DHA dan ARA yang sangat penting untuk perkembangan syaraf dan visual bayi.

Mineral. Kandungan mineral seperti kalium dan zinc pada ASI lebih rendah dibandingkan dengan asupan lainnya, sehingga lebih mudah ditoleransi oleh ginjalnya yanf masih berkembang.

Vitamin. ASI kaya akan vitamin seperti vitamin A, B, C, dan E serta asam folat untuk perkembangan otak dan daya tahan tubuh.

YesDok Ads

Enzim. ASI mengandung 20 enzim aktif yang berperan penting sebagai faktor antimikroba, pencerna lemak menjadi energi, dan pencerna karbohidrat kompleks.

Faktor pertumbuhan. ASI membentuk pematangan syaraf, sistem pencernaan dan retina mata bayi.

Faktor anti-parasit, anti-alergi, antivirus dan antibodi. Melindungi tubuh bayi tanpa menyebabkan efek peradangan.

Kolostrum. Kolostrum yang berwarna kekuningan ini keluar pada 1-5 hari pasca melahirkan dan mengandung immunoglobulin A yang tinggi.

Karnitin. Kandungan karnitin pada ASI dapat membantu proses pembentukan energi dan mempertahankan metabolisme tubuh. 

Uniknya lagi, kadar atau konsentrasi pada tiap kandungan ASI itu berbeda-beda untuk setiap bayi dan selalu berubah mengikuti kebutuhan si kecil.

(Foto: workingmother)

YesDok Ads