0 Point
kehamilan

Keguguran Tanpa Pendarahan, Bisakah Terjadi?

Selain komplikasi, hal menakutkan yang dapat terjadi pada ibu hamil adalah risiko keguguran. Tidak dapat dipungkiri jika keguguran adalah mimpi buruk bagi ibu hamil yang sedang menanti buah hati. Untuk itu, Anda harus memahami bagaimana ciri keguguran.

Keguguran dapat terjadi karena beberapa faktor seperti adanya kelainan atau gangguan, baik yang terjadi pada ibu ataupun janin. Kemudian kelainan tersebut menghambat perkembangan dan keberlangsungan kehamilan. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa 2-3 peristiwa keguguran terjadi karena adanya kelainan kromosom bayi. Hal ini membuat janin tidak dapat berkembang dan gugur dalam kandungan.

Selan itu, penyebab keguguran pada ibu hamil adalah kadar hormon yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Diabetes yang tidak terkendali, paparan zat kimia, mengalami infeksi tertentu, serviks yang terbuka dan menipis, endometriosis hingga mengonsumsi obat-obatan yang membahayakan janin.

Salah satu ciri yang paling umum terjadi saat keguguran adalah terjadinya pendarahan dari vagina.  Selain itu, ibu hamil yang mengalami keguguran akan disertai dengan nyeri perut yang hebat, karena mulut rahim mungkin sudah terbuka lebar dan mendorong bayi dalam kandungan untuk keluar sebelum waktunya.

Meski begitu, tidak semua keguguran disertai dengan pendarahan. Misalnya, kondisi saat janin meninggal dalam kandungan, tidak menimbulkan keluhan pada ibu hamil hingga saat janin tidak berkembang sejak awal atau disebut juga dengan kehamilan kosong. Keguguran tanpa pendarahan ini bisa terjadi karena janin masih utuh berada dalam rahim.

Ciri lain dari kguguran tanpa pendarahan adalah hilangnya denyut nadi janin dalam kandungan. Seperti dilansir dari baby center, keguguran yang terjadi secara diam-diam dapat membuat tanda kehamilan perlahan berkurang atau hilang sama sekali. Hilangnya detak jantung bayi dapat diketahui saat melakukan pemeriksaan dengan dokter melalui USG.

Nyeri pungung yang hebat dan tidak kunjung hilang juga dapat menjadi tanda awal keguguran. Nyeri punggung bagian bawah ini akan disertai dengan rasa tertekan pada panggul. Bila Anda mengalami tanda-tanda diatas, segera periksakan kondisi kehamilan Anda untuk dipastikan lebih lanjut.  

(Foto: USA Today)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok