Kegiatan yang Bisa Merugikan Kesehatan Jantung Anda

April 05, 2022 | Iman

Organ jantung

Jantung adalah organ halus yang bertanggung jawab untuk memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Menjaganya agar tetap sehat sangat penting untuk menjalani hidup yang panjang dan bebas penyakit.

Untuk itu, termasuk pola makan yang sehat dan olahraga teratur dianggap penting. Selain kedua hal tersebut, ada beberapa aktivitas lain yang secara mengejutkan berdampak pada kesehatan jantung kita.

Meskipun tampak seperti aktivitas yang tidak berbahaya, dalam jangka panjang mereka dapat mengurangi efisiensi jantung Anda, membuat Anda lebih rentan terhadap kondisi jantung. Berikut enam aktivitas mengejutkan yang bisa membahayakan kesehatan jantung.

1.Duduk sepanjang hari

Terlepas dari apakah pekerjaan Anda, duduk sepanjang hari dapat melipatgandakan risiko gagal jantung. Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Heart Association (AHA), mereka yang tidak cukup bergerak atau cenderung duduk selama lima jam atau lebih setiap hari lebih mungkin mengalami masalah jantung. Untuk menjaga kesehatan jantung dianjurkan untuk berjalan kaki lima menit setiap jam.

2. Abai kesehatan gigi

Kebiasaan mulut yang tidak sehat tidak hanya menyebabkan masalah gigi, tetapi juga dapat menyebabkan penyakit terkait jantung dan ginjal. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Periodontal Research menemukan bahwa orang yang menggunakan benang gigi secara teratur cenderung tidak menderita masalah yang berhubungan dengan jantung. Flossing membantu menghilangkan bakteri tersembunyi dari mulut.

YesDok Ads

3. Menyendiri

Ya, kesepian bisa menjadi penyebab masalah kesehatan mental dan fisik. Orang yang kesepian lebih rentan menderita penyakit jantung. Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman membantu mengurangi tingkat stres dan juga menambah tahun dalam hidup Anda. Bahkan mengadopsi hewan peliharaan dapat membantu membawa kebahagiaan dalam hidup.

4. Olahraga berlebihan

Berolahraga sangat bagus untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan jantung. Tetapi terlalu banyak berolahraga pada satu waktu, terutama ketika Anda tidak bugar atau sudah lama tidak berolahraga dapat memberi tekanan ekstra pada jantung Anda, meningkatkan risiko masalah jantung. Bekerja terlalu keras dan terlalu cepat dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Jadi, mulailah perlahan dan dengarkan tubuh Anda saat berolahraga.

6. Garam berlebih

Menaburkan garam ekstra ke dalam makanan Anda dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Bahkan makanan olahan dan junk food dapat menempatkan Anda pada risiko masalah jantung dan masalah jantung lainnya.

(Foto: pixabay)

YesDok Ads