Kedatangan Berbagai Macam Vaksin Bisa Percepat Program Vaksinasi

August 21, 2021 | Iman

Vaksin

Indonesia kembali akan menerima kedatangan vaksin Pfizer dan Astra Zeneca dalam bentuk jadi. Kedatangan lagi vaksin-vaksin ini akan membantu akselerasi program vaksinasi nasional hingga dapat mencapai sasaran yang ditetapkan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan untuk kedatangan vaksin Pfizer dalam bentuk jadi, sebanyak 1,5 juta dosis. Vaksin Pfizer telah menerima Emergency Use of Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) pada Juli 2021. 

"Vaksin Pfizer ini nantinya dapat digunakan masyarakat berusia 12 tahun keatas," kata Prof Wiku.

Ia meminta kepada pemerintah daerah yang nanti akan menerima alokasi vaksin Pfizer diharapkan segera menggunakannya. Sehingga masyarakat di daerahnya dapat terlindungi dan meningkatkan cakupan program vaksinasi. 

Selain vaksin Pfizer, Indonesia juga akan menerima sebanyak 450 dosis vaksin jadi Astra Zeneca melalui skema bilateral. Karena itu dengan kedatangan lagi vaksin-vaksin ini, maka kebutuhan vaksin untuk program vaksinasi nasional dapat tercukupi.

YesDok Ads

"Diharapkan dengan datangnya vaksin-vaksin ini dapat mengakselerasi program vaksinasi nasional. Sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat memperoleh vaksin dan terlindungi dari Covid-19 untuk mewujudkan masyarakat yang produktif dan aman Covid-19," harap Prof Wiku.

Sementara itu Pandemi Covid-19 diprediksi para pengamat akan menjadi endemi pada tahun 2022. Menanggapi hal ini, Prof Wiku menjelaskan bahwa endemi digambarkan sebagai situasi kasus pandemi dapat terkendali, namun bukan berarti virus penyebab pandemi hilang sepenuhnya. 

"Hal-hal yang dapat mengindikasikan bahwa pandemi telah bertransisi menjadi endemi ialah jika kekebalan masyarakat meningkat terhadap virus seiring akselerasi vaksinasi maupun infeksi alamiah, sehingga angka perawatan dan kematian pun menurun," terangnya.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads