Kebiasaan yang Bisa Merusak Tubuh

August 23, 2019 | Iman

Setiap hari kita melakukan hal-hal yang berulang dan sudah menjadi kebiasaan secara sadar atau tidak sadar dan mungkin saja beberapa di antara kebiasaan tersebut dapat membahayakan tubuh kita dan menimbulkan risiko kesehatan.

Kebiasaan tersebut bisa membuat kekebalan tubuh Anda sangat lemah selama periode waktu tertentu dan juga memengaruhi rutinitas makan dan tidur Anda. Karena itu, penting untuk mengenal kebiasaan sehari-hari anda dan menghindarinya jika membuat efek yang buruk.

Berikut adalah beberapa hal yang membahayakan tubuh seperti dilansir laman Boldsky.

1.Tidur Tidak Teratur

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association, tidur berlebihan dikaitkan dengan kesehatan jantung yang buruk pada wanita yang lanjut usia. Sementara, kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko berkembangnya penyakit jantung sebesar 48 persen.

2. Makan larut malam

Hal tersebut dapat meningkatkan berat badan, dimana asupan kalori setelah jam 8 malam dapat meningkatkan risiko obesitas. Jadi, sebaiknya makan malam tepat waktu.

3. Duduk sepanjang hari

Bagi Pekerja kantoran, diharuskan duduk sepanjang hari selama berjam-jam, yang menurut penelitian berbahaya bagi kesehatan Anda. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa duduk dalam waktu lama dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes dan meningkatkan risiko gangguan muskuloskeletal, terutama nyeri punggung bawah

YesDok Ads

4. Bermain Sosial Media

 Jika Anda selalu bermain social media, itu bisa saja membahayakan tubuh anda. Menurut sebuah penelitian, berbagi dan menyukai segala aktivitas di media sosial kemungkinan berisiko merasa terisolasi secara social, itu karena media sosial dapat memberi orang kesan bahwa orang lain jauh lebih bahagia daripada kita.

5. Begadang

Tetap terjaga di saat larut malam dapat menempatkan tubuh Anda pada risiko kesehatan yang tinggi. Sering begadang dapat mengganggu ritme sirkadian Anda yang memengaruhi siklus tidur-bangun, kebiasaan makan, suhu tubuh, dan fungsi tubuh penting lainnya.

6. Tidur dengan meggunakan lensa kontak

Jika Anda sering tidur menggunakan lensa kontak, sebaiknya Anda harus menghentikan kebiasaan berbahaya ini sekarang. Menurut National Sleep Foundation, tidur dalam lensa kontak dapat menyebabkan lensa kontak mata merah akut (CLARE), borok mata, dan infeksi mata serius lainnya.

7. Duduk dalam Kendaraan  

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Atmospheric Environment menunjukan bahwa, duduk di dalam mobil selama jam-jam dalam keadaan lalu lintas yang macet dapat menyebabkan stres oksidatif akibat paparan polutan dan dianggap beracun bagi tubuh.

(Foto : Boldsky.com)

YesDok Ads