Diet
+1

Kebiasaan yang Bikin Berat Badan Sulit Turun

February 02, 2023 | Helmi

berat badan sulit turun

Berat badan sulit turun bukanlah hal yang mudah dan terkadang membuat stres jika ingin menurunkan berat badan. Kesuksesan menurunkan berat badan juga memerlukan kemauan, motivasi, konsistensi dan rencana pelatihan.

Usaha keras yang Anda lakukan juga perlu didukung dengan rutinitas sehari-hari yang baik. Tanpanya, kerja keras Anda tidak akan menunjukkan hasil maksimal.

Victoria Brady, personal trainer di Amerika Serikat membagikan lima kebiasaan buruk yang menghambat proses penurunan berat badan dan membuat berat badan sulit turun. Ada apa saja? Berikut ini seperti dirangkum dari "Eat This Not That".

Terlalu Banyak Ngemil

Menurut Brady, makan dan ngemil tanpa berpikir adalah cara yang pasti untuk menghambat kemajuan penurunan berat badan Anda. Mengapa demikian? Sebab Anda tidak mencatat kalori yang Anda konsumsi, yang bisa mengakibatkan makan berlebihan.

"Tidak peduli apakah itu dianggap sebagai makanan 'sehat' atau tidak, terlalu banyak hal bisa menjadi hal yang buruk," jelas Brady. "Sebaliknya, latih kontrol porsi sehingga Anda dapat melacak berapa banyak kalori yang Anda konsumsi sepanjang hari dan meminimalkan makan berlebihan."

Melewatkan makan

Melewatkan makan menempatkan tubuh Anda dalam "mode bertahan hidup", yang berarti Anda berpegang teguh pada kalori yang Anda konsumsi untuk menghemat energi. 

"Selain itu, Anda cenderung membuat pilihan makanan yang buruk karena kelaparan, seperti berhenti di restoran cepat saji karena itu adalah pilihan tercepat untuk mendapatkan makanan," tambahnya.

Menambahkan Kalori dari Minuman

Apakah Anda sedang meminum jus buah atau segelas anggur, perlu diingat bahwa minuman dapat diisi dengan kalori ekstra. 'Banyak orang tidak menyadari berapa banyak kalori yang dimiliki kebanyakan minuman, bersama dengan banyak gula yang ada di dalam minuman untuk membuatnya terasa lebih enak,' kata Brady.

YesDok Ads

"Mengkonsumsi terlalu banyak gula tidak hanya menyebabkan penambahan berat badan, tetapi juga minum alkohol, khususnya, dapat memperlambat metabolisme Anda," tambahnya.

Tidak Mendapatkan Istirahat yang Cukup

Jangan remehkan kekuatan istirahat malam. Ini menjadi fase yang baik untuk pemulihan setelah berolahraga. Semakin banyak Anda mengurangi waktu istirahat, semakin besar kemungkinan Anda akan menambah berat badan.

"Tubuh Anda tidak dapat pulih, membuang keseimbangan hormonal dan memicu nafsu makan karena tubuh cenderung mendambakan karbohidrat dan makanan berkalori tinggi saat kurang tidur," kata Brady. "Penting juga untuk dicatat bahwa hari istirahat sangat penting dan dengan berolahraga terlalu banyak, Anda dapat mencapai titik stabil dalam penurunan berat badan dan meningkatkan risiko cedera."

Memprioritaskan olahraga daripada nutrisi

Berolahraga adalah kunci dalam program penurunan berat badan apa pun, tetapi harus ada keseimbangan yang sehat antara menjadikan olahraga dan nutrisi sebagai prioritas utama. Karena, seperti yang dikatakan Brady, Anda tidak akan bisa "melakukan diet yang buruk".

Brady menjelaskan, di sinilah aturan 80/20 untuk menurunkan berat badan berperan. Delapan puluh persen penurunan berat badan didasarkan pada apa yang Anda makan sementara 20% lainnya didasarkan pada apa yang Anda lakukan, alias olahraga.

Jadi maksudnya adalah Anda tidak dapat melakukan diet yang buruk. Tidak peduli berapa lama Anda berolahraga, jika diet Anda tinggi kalori, berat badan Anda tidak akan turun. 

Anda harus membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi. Oleh karena itu, jika mengalami berat badan sulit turun, Anda harus fokus pada nutrisi dan konsumsi kalori.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads