Kebiasaan Mandi Dapat Menolong Penyumbatan Arteri

February 11, 2022 | Iman

Shower mandi

Kadar kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan umum yang dapat menyebabkan penyakit kronis. Ketika kadar kolesterol naik ke tingkat yang berbahaya, dapat menyumbat arteri yang menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan penyakit pembuluh darah perifer.

Pada akhirnya kolesterol tinggi dapat memberi jalan bagi kondisi metabolisme lain seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Kabar baiknya, kondisi ini dapat dibalik dan ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi efek buruk kolesterol tinggi dari kadar; salah satu metode tersebut adalah mengubah kebiasaan mandi harian.

Apa yang terjadi dalam kasus kadar kolesterol tinggi?

Kolesterol adalah zat seperti lilin yang ditemukan dalam darah. Hal ini diperlukan untuk membangun sel-sel yang sehat, dan menjalankan fungsi-fungsi lain dari tubuh. Tetapi ketika tingkat kolesterol dalam darah meningkat ke tingkat yang berbahaya, itu mulai menumpuk di pembuluh darah Anda. Seiring waktu dapat mempersulit darah beroksigen dan kaya nutrisi untuk mengalir ke semua organ.

Terkadang, endapan ini dapat pecah dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke. Kolesterol tinggi dapat disebabkan karena pilihan gaya hidup yang buruk seperti asupan makanan berlemak yang berlebihan dan kebiasaan gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Dalam beberapa kasus, itu juga bisa diwariskan dari faktor genetik.

Menurut para ahli, mandi air dingin dapat membantu melindungi jantung. Mandi dengan air dingin dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dengan mengoptimalkan aliran darah. Hal ini dikarenakan dapat membantu menurunkan tekanan darah dan juga membuka penyumbatan arteri. Air dingin mendorong darah untuk mengelilingi organ, yang membantu melawan masalah jantung.

Air dingin bekerja memompa darah secara efisien, membantu membuka penyumbatan arteri dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, mandi dengan air dingin juga dapat membantu mengurangi penimbunan lemak dalam tubuh dan dapat membantu menurunkan berat badan.

YesDok Ads

Tingkat normal LDL dalam tubuh

Ada tiga jenis utama kolesterol: kolesterol LDL (low-density lipoprotein) tingkat tinggi, juga disebut sebagai kolesterol jahat, merupakan masalah kesehatan yang umum. Untuk pria dan wanita, 100 mg/dL atau LDL yang lebih rendah dianggap baik atau sehat. Angka 130 hingga 159 mg/dL dianggap batas dan di atas 160 mg/dL disebut sebagai kolesterol tinggi.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan kadar kolesterol?

Setelah didiagnosis dengan kolesterol tinggi, seseorang harus segera mulai mengambil tindakan pencegahan untuk mengelola kondisi Anda dengan mudah.

Meminum obat yang tepat dan membuat perubahan gaya hidup yang positif, seseorang dapat mengembalikan kadar kolesterol menjadi normal dalam tiga sampai enam bulan. Mungkin butuh sedikit lebih lama bagi wanita untuk mengurangi tingkat kadar kolesterol dibandingkan dengan pria.

(Foto: pixabay)

YesDok Ads