Kebiasaan Makan Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental Anda

February 13, 2020 | Helmi

Kesehatan mental

Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi suasana hati Anda (dan pada akhirnya, kesehatan Anda) dan salah satunya adalah makanan yang Anda makan. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, seperti vitamin dan mineral esensial, dan itu akan berfungsi dengan baik, melindunginya dari stres oksidatif, yang menghasilkan produksi sel-perusak radikal bebas.

Hal yang sama berlaku sebaliknya: isi otak Anda dengan "bahan bakar" yang salah, itu akan mempengaruhi kesehatan mental Anda. Zat dari "bahan bakar" ini sulit dihilangkan jika mencapai otak.

Dengan kata lain, otak Anda dipengaruhi oleh kandungan nutrisi dari makanan yang Anda makan. Jika makanan yang dikonsumsi kaya akan vitamin dan mineral, maka akan berimbas baik pada tubuh.

Uma Naidoo, psikiater, pendiri layanan psikiatri nutrisi berbasis rumah sakit pertama di Amerika Serikat, berbagi beberapa rahasia pola makan terbaik bagi Anda untuk meningkatkan kesehatan mental Anda:

Makanlah Makanan Utuh

Salah satu cara untuk memulai adalah makan lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Kombinasi ini akan menambahkan serat, vitamin dan mineral ke dalam pola makan Anda dengan sedikit kalori jika disiapkan secara benar.

Mengkonsumsi Berries

YesDok Ads

Berbagai buah beri seperti stroberi, blueberry dan bahkan acai berry dikemas dengan polifenol yang membuatnya kaya akan antioksidan, sehingga mengurangi risiko penyakit dan kanker tertentu.

Minumlah Air yang Cukup

Naidoo mengatakan bahwa untuk menjaga hidrasi, yang terbaik adalah minum air yang cukup, lebih baik 8 hingga 13 kali sehari.

Tambahkan protein nabati

Tambahkan makanan nabati yang kaya protein esensial untuk diet, makanan, dan camilan sehari-hari Anda. Contoh makanan nabati yang kaya protein termasuk buncis, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Makanlah Makanan yang Mengurangi Kecemasan

Sebagai bagian dari rencana makan seimbang, Naidoo menyarankan untuk memasukkan makanan kaya magnesium ke dalam diet harian Anda. Makanan yang kaya akan magnesium termasuk almond, kacang mete, biji labu, kacang hitam, bayam, unggas tanpa lemak (seperti Ayam, kalkun) dan edamame.

YesDok Ads