Kebiasaan Ini Lebih Buruk daripada Duduk Berjam-jam

July 05, 2019 | Iman

Semua mungkin sepakat bahwa kurang gerak seharian dapat berakibat buruk pada tubuh. Bahkan studi lama mengatakan jika seseorang duduk berlama-lama di kantor bisa menyebabkan komplikasi kesehatan. 

Jadi seberapa sayangkah Anda dengan tubuh Anda saat ini? 

Sesuai penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association mengatakan bahwa menonton televisi berlama-lama lebih buruk daripada duduk di meja kantor seharian.

Kecenderungan gaya hidup yang malas bergerak terkait dengan penyakit sepertu jantung, obesitas, dan bahkan kematian dini. Namun para peneliti mengatakan bahwa menonton TV di malam hari justru bisa jadi sangat berbahaya. 

Para peneliti mensurvei 3.592 orang dan melacak kebiasaan duduk mereka, olahraga rutin dan jumlah jam yang mereka habiskan menonton televisi di rumah. Hasilnya ditemukan bahwa orang-orang yang menonton televisi lebih dari empat jam setiap hari ternyata menghadapi risiko penyakit jantung dan kematian dini 50 persen lebih tinggi dibandingkan dengan orang-orang yang menonton televisi kurang dari setengah porsi waktunya. 

YesDok Ads

Hal tersebut dikuatkan dengan kecenderungan makan sembari menonton televisi di malam hari. Orang-orang menonton televisi di waktu prime time malam hari cenderung mengonsumsi makanan yang tak terkontrol. Pada mereka juga ditemui jarangnya aktivitas bergerak bahkan hingga mereka bergegas tidur. 

Makan besar dan duduk berjam-jam adalah kombinasi yang berbahaya. Terlebih lagi, akhirnya mereka yang menonton TV di malam hari berujung pada memakan camilan yang tidak sehat. Sementara orang yang duduk berjam-jam di kantor masih cenderung aktif bergerak, mereka berinteraksi dan mungkin berpindah ruangan.

Peneliti masih belum menemukan hubungan serius antara menonton televisi dan penyakit jantung. Namun Anda tetap harus membatasi jumlah menonton TV. Studi tersebut menyarankan Anda mengganti aktivitas yang masih taraf bergerak. 

(Foto: express.co.uk)

YesDok Ads