0 Point
Pilek

Kebiasaan Ini bisa Sebabkan Pilek

Pilek merupakan penyakit yang umum dialami oleh banyak orang. Meski merupakan penyakit yang umum, tetap saja akan sangat mengganggu saat terserang pilek. Mulai dari hidung tersumbat sehingga sulit bernapas, hidung terus-menerus berair, dan hidung lecet akibat terlalu sering membuang ingus.

Saat pilek, beristirahat yang cukup, memenuhi kebutuhan nutrisi, dan memperbanyak minum air, merupakan cara-cara yang dapat membantu menyembuhkan pilek lebih cepat. Tapi, tentu tindakan pencegahan akan lebih baik daripada harus mengobati, bukan?

Tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan kita mudah terkena pilek. Jika Anda tak mau diserang pilek yang merepotkan, maka coba hindari kebiasaan-kebiasaan ini:

Jarang mencuci tangan

Banyak orang yang masih abai akan pentingnya mencuci tangan. Padahal, mencuci tangan membantu kita terhindar dari banyak penyakit. Bahkan langkah pencegahan paling utama dari Covid-19 saja adalah mencuci tangan. Tak heran jika Anda mudah terserang penyakit khususnya pilek ketika Anda malas mencuci tangan. Terdapat banyak bakteri dan virus yang tidak terlihat di tangan kita, dan apabila tanpa sengaja kita menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci, maka potensi masuknya bakteri dan virus dari tangan ke dalam tubuh kita akan bertambah besar. Hal inilah yang kemudian menyebabkan penyakit menyerang tubuh Anda.

Malas olahraga

Salah satu cara ampuh untuk terhindar dari penyakit adalah berolahraga. Sayangnya, alih-alih berolahraga, banyak orang lebih suka rebahan di kasur seharian. Padahal, kebiasaan ini dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih rentan terserang penyakit. Yuk, bangkit dari kasur dan mulai aktif bergerak, agar tubuh senantiasa sehat dan kuat melawan penyakit.

Kaki Anda kedinginan

Jika suhu di sekitar Anda menjadi lebih dingin, Anda pasti akan langsung menggunakan jaket atau selimut untuk menghangatkan tubuh Anda. Tapi, jangan lupakan kaki. Kaki yang dingin akan membuat suhu tubuh bagian lainnya juga akan menurun, dan ini membuat tubuh rentan mengalami pilek. Jadi, ketika Anda merasa kedinginan, pakai kaus kaki terlebih dulu untuk membuat kaki Anda menjadi lebih hangat, baru setelahnya gunakan jaket agar tubuh menjadi lebih hangat.

(Foto: health.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok