Kebiasaan di Pagi Hari yang Ternyata Bisa Membuat Stres

July 06, 2021 | Helmi

kopi

Anda mungkin memiliki rutinitas pagi yang sama dan telah Anda jalani selama bertahun-tahun. Tahukah bahwa bagaimana Anda menghabiskan pagi hari Anda dapat memengaruhi hari Anda dan kesehatan mental Anda secara keseluruhan?

Langkah pertama untuk menciptakan rutinitas pagi yang mendukung kesehatan mental adalah menghilangkan kebiasaan yang meningkatkan stres.

Berikut ini adalah sejumlah kebiasaan di pagi hari yang mungkin bisa membuat Anda stres menurut para ahli.

Tidak mempersiapkan malam sebelumnya

Cara terbaik untuk mencegah perasaan stres di pagi hari adalah dengan merencanakan malam sebelumnya. Dr. Roxanne Prichard, profesor psikologi dan ilmu saraf di Universitas St. Thomas di Minnesota merekomendasikan untuk menata pakaian, mengemas makan siang anak-anak Anda, dan bahkan memutuskan apa yang ingin Anda santap untuk sarapan pada  malam sebelumnya.

Hal ini dilakukan untuk membuat pagi Anda lebih lancar, terutama jika Anda bukan orang yang suka bangun pagi.

Kurang tidur

Bangun pagi lebih awal memberikan waktu bagi diri mereka sendiri untuk bermeditasi, berolahraga, atau melakukan sesuatu yang disukai sebelum hari kerja.

Tetapi para ahli setuju bahwa tidak membiarkan diri Anda cukup tidur dapat mempersulit Anda untuk melakukan aktivitas perawatan diri lainnya.

"Kurang tidur mendorong sistem saraf simpatik menjadi overdrive, yang berarti bahwa jantung Anda akan berdetak lebih cepat dan Anda akan menafsirkan hal-hal sebagai lebih stres dan berlebihan daripada yang sebenarnya," kata Prichard.

YesDok Ads

Ia mengatakan bahwa rata-rata orang dewasa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam tidur setiap malam.

Para ahli juga memperingatkan bahwa jam alarm tradisional dapat membangunkan Anda dengan panik. Ini membangunkan Anda dengan sentakan dan dapat mengakibatkan lonjakan hormon stres..

Alih-alih jam alarm di ponsel Anda, Prichard merekomendasikan untuk memberi diri Anda cukup waktu antara waktu tidur dan waktu yang Anda butuhkan untuk bangun sehingga Anda dapat bangun secara alami. 

Sebagai upaya terakhir, cobalah jam alarm pintar yang membangunkan Anda secara bertahap dengan meningkatnya cahaya atau suara di ruangan.

Minum kopi 

Minum kopi mungkin menjadi rutinitas pagi dari banyak orang. Namun, minum secangkir kopi segera setelah Anda bangun dapat menyebabkan lonjakan kortisol, hormon yang dilepaskan saat kita stres..

"Kortisol memiliki ritme sirkadian, dengan kadar tertinggi terjadi secara alami 30-40 menit setelah bangun tidur," katanya. "Kebiasaan yang meningkatkan kortisol secara mandiri dapat menyebabkan lonjakan pagi yang lebih tinggi dan berkontribusi pada lebih banyak gejala terkait stres seperti peningkatan detak jantung dan perasaan stres dan kecemasan."

Dia melanjutkan: "Kafein meningkatkan kortisol dan adrenalin secara mandiri, dan konsumsi waktu dengan tingkat pagi yang lebih tinggi secara alami dapat menyebabkan respons stres yang meningkat." 

Sebenarnya Anda diperbolehkan untuk meminum kopi di pagi hari. Hanya saja diekomendasikan minum kopi sekitar tiga jam setelah bangun tidur.

YesDok Ads