Kebiasaan Buruk yang Merugikan Gigi

July 21, 2020 | Claudia

Mengigit kuku

Apakah Anda sudah cukup menjaga kesehatan gigi? Menjaga kesehatan gigi sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jika gigi Anda mengalami masalah, ini juga bisa menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh lainnya.

Saat diserang sakit gigi, Anda juga bisa mengalami sejumlah masalah lainnya, seperti sulit makan, sulit bicara, bahkan kesal saat mendengar suara bising karena bisa memicu rasa sakit untuk muncul. Jika Anda tak mau mengalami hal ini, maka perawatan untuk gigi wajib untuk dijalani.

Tak hanya menyikat gigi dua kali sehari, Anda juga harus memerhatikan kebersihan lidah dan gusi agar kesehatan mulut dan gigi Anda benar-benar terjaga. Selain itu, ada beberapa kebiasaan yang juga sebaiknya Anda hindari, karena bisa memperparah kondisi sakit gigi yang Anda alami, atau malah memicu timbulnya kondisi sakit gigi.

Kebiasaan apa sajakah itu?

Makan permen

Makan permen memang enak, apalagi saat Anda tengah diserang mual, permen merupakan salah satu makanan yang dapat membantu Anda untuk terbebas dari kondisi ini. Sayangnya, terlalu sering makan permen juga tidak disarankan, sebab dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Ini semua akibat gula di dalam permen yang dapat menempel di gigi. Membiarkan gula terus berada di gigi dalam waktu yang lama, dapat menghasilkan pelepasan asam yang kemudian akan memengaruhi email gigi selama berjam-jam. Lama-kelamaan ini bisa menyebabkan kerusakan dan masalah pada gigi, seperti gigi berlubang atau gigi sensitif.

Terlalu sering minum kopi

YesDok Ads

Tahukah Anda, terlalu sering minum kopi tidak baik untuk kesehatan gigi! Asam dan bakteri di mulut saling bekerjasama untuk menciptakan banyak masalah di mulut, seperti penyakit gusi, bau mulut, dan gigi berlubang. Jadi, setelah minum teh atau kopi, biasakan untuk membilas mulut dengan air bersih.

Mengunyah es

Banyak orang yang suka mengunyah es batu usai menghabiskan segelas minuman segar mereka. Padahal, mengunyah es batu bisa mengundang banyak masalah untuk kesehatan gigi. Ini dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif, dan bahkan juga bisa membuat gigi Anda patah!

Menggigit kuku

Tak hanya merusak kuku, kebiasaan menggigiti kuku juga merugikan gigi. Menggigit kuku bisa merusak gigi dan memengaruhi rahang. Saat menggigit kuku, rahang terus berada pada posisi yang sama, yang pada akhirnya menyebabkan disfungsi rahang.

(Foto: wilkinsonorthodontics.com.au)

YesDok Ads