Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kulit Anda

April 29, 2019 | Iman

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang indah. Segala cara tentu dilakukan demi rutinitas harian Anda. Seperti dilansir laman Web MD, beberapa aktivitas berikut justru mampu merusak kulit  

Lupa Mencuci Muka Sebelum Tidur

Ada kalanya kita ingin buru-buru beranjak ke kamar untuk tidur di malam hari dan melewarkan betapa kotornya wajah Anda. Kata seorang dokter kulit dari New York, Yoon-Soo Cindy Bae, "Kotoran, minyak, dan polusi menumpuk dan menyebabkan peradangan dan berjerawat".

Merokok

Nikotin mengurangi aliran darah ke kulit Anda, yang berarti nikotin tidak mendapat cukup oksigen dan nutrisi. Bahan kimia dalam tembakau juga bisa merusak kolagen dan protein elastin pada kulit. "Kulit seorang perokok tipis, kusam, lebih kusut, dan kurang bisa sembuh," Yoon-Soo Cindy Bae menambahkan.

Menyepelekan Tabir Surya

Tubuh memang memerlukan asupan sinar matahari, namun sinar matahari atau ultraviolet ada yang bisa menyebabkan kulit rusak, penuaan dini atau terbakar. SPF spektrum umumnya memblokir sinar UVA dan UVB dan membuat Anda sepenuhnya terlindungi berpanas-panasan ria. Gunakanlah minimum lotion dengan SPF 30. Pastikan Anda menggunakan cukup: idealnya satu takar sendok teh penuh merata untuk wajah Anda, termasuk garis rambut Anda, di sekitar hidung Anda, dan di bawah dagu Anda.

YesDok Ads

Kurang Makan Sayuran

Penelitian menunjukkan bahwa buah-buahan dan sayuran segar dapat membantu mencegah kerusakan yang dapat menyebabkan penuaan kulit. Asupan vitamin pada buah dan sayur juga memiliki antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kulit Anda.

Menekan Jerawat

Memiliki jerawat seperti gunung secara tiba-tiba memang menggemaskan. Namun mengeluarkannya bukanlah pilihan tepat karena itu dapat menyebabkan bekas luka dan infeksi.

Menyepelekan Kulit Terkelupas

Sisik dan serpihan pada kulit adalah tanda pertama kekeringan. Meskipun pengelupasan kulit akan menghilangkan bercak longgar di tempat, perawatan kasar itu sebenarnya dapat mengganggu penghalang yang menyeimbangkan kelembaban di area kulit.

(Foto : standard.co.uk)

YesDok Ads