Kebiasaan Buruk, Ini Dampak Buruk Makan Sehari Sekali

July 03, 2022 | Aqiyu

Kebiasaan Buruk, Ini Dampak Buruk Makan Sehari Sekali

Banyak orang yang salah kaprah dalam menurunkan berat badan. Menjalani diet dengan mengurangi makan yang hanya sekali dalam sehari adalah hal yang salah. Makan sekali dalam sehari dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Padahal diet yang benar dan tepat selain dapat menurunkan berat badan, Anda akan mendapatkan bonus tubuh yang lebih sehat.

Para ahli gizi tidak merekomendasikan makan sehari sekali hanya untuk menurunkan berat badan. Makan sekali dalam sehari dianggap tidak efektif untuk menurunkan berat badan. Justru, makan sekali dalam sehari termasuk dalam kebiasaan buruk yang dapat mengakibat hal-hal berikut ini yang harus diwaspadai:

Menurunnya kemampuan otak

Menurunnya kemampuan otak salah satunya disebabkan oleh kebiasaan buruk pola makan Anda. Tubuh yang menerima makanan hanya sekali dalam sehari dapat membuat menurunnya kemampuan otak. Kinerja otak akan terganggu, akibatnya Anda akan kesulitan fokus dan berkonsentrasi.

Tubuh kekurangan nutrisi

Memenuhi kebutuhan akan nutrisi untuk tubuh memiliki dampak yang baik. Berbeda cerita jika tubuh kekurangan nutrisi seperti karbohidrat, vitamin dan lainnya. Membatasi asupan nutrisi dengan mengurangi makan sekali dalam sehari dapat membuat tubuh kehilangan banyak nutrisi dan mengganggu keseimbangan tubuh.

Naiknya gula darah

YesDok Ads

Anda dianjurkan untuk makan tiga kali sehari. Makan sehari sekali, menurut sebuah penelitian dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, menunda respons tubuh terhadap insulin hingga meningkatkan kadar hormone ghrelin yang menstimulasi nafsu makan.

Melonjaknya tekanan darah

Penelitian The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan kondisi perut kosong seharian penuh, lalu tiba-tiba diisi dengan makanan yang tinggi kalori dapat menyebabkan tekanan darah melonjak dengan tiba-tiba. Perlu diketahui, tubuh Anda dirancang untuk menerima kalori secara bertahap dan tidak sekaligus.

Munculnya gangguan pencernaan

Tahukah Anda pola makan yang tidak teratur dapat memicu munculnya gangguan pencernaan? Makan sehari sekali termasuk pola makan yang tidak teratur. Hal ini bisa menyebabkan lambung dan usus bekerja keras. Terutama pada penderita maag, sangat tidak dianjurkan. Makan sekali sehari karena bisa memicu refluks asam lambung.

(Foto: healthline)

YesDok Ads