Kasus Diabetes pada Remaja Diprediksi Meningkat hingga 700% pada 2060

January 04, 2023 | Helmi

diabetes pada remaja

Berdasarkan penelitian terbaru, kasus diabetes tipe 2 di kalangan remaja terus meningkat. Data ini diambil dari remaja yang ada di Amerika Serikat.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal American Diabetes Association Diabetes Care, jumlah remaja dengan diabetes tipe 2 bisa meningkat hampir 700% pada tahun 2060.

Tim membuat model matematis berdasarkan data dari tahun kalender 2002-2017 untuk memproyeksikan prevalensi berbagai jenis diabetes di masa depan di kalangan remaja berusia di bawah 20 tahun.

Setelah menganalisis data mereka, para peneliti mengatakan bahwa sebanyak 526.000 anak muda dapat menderita diabetes pada tahun 2060. Selama empat dekade berikutnya, mereka memperkirakan jumlah remaja dengan diabetes tipe 2 melonjak sebesar 673% dan kasus diabetes tipe 1 di antara remaja meningkat sebesar 65%.

Bahkan jika tingkat kasus diabetes baru di kalangan kaum muda tetap tidak berubah di tahun-tahun mendatang, diabetes tipe 2 yang menyerang kaum muda masih dapat meningkat sebesar 70% dan diabetes tipe 1 sebesar 3% pada tahun 2060.

YesDok Ads

Peningkatan kasus yang mencolok diperkirakan disebabkan oleh dua faktor utama: meningkatnya angka obesitas pada anak dan adanya diabetes pada wanita hamil muda.

"Proyeksi mengejutkan dari studi ini tentang peningkatan diabetes tipe 2 menunjukkan mengapa sangat penting untuk memajukan pemerataan kesehatan dan mengurangi kesenjangan luas yang telah merugikan kesehatan masyarakat," ujar Christopher Holliday, Ph.D., MPH, FACHE, direktur CDC's Divisi Terjemahan Diabetes.

"Penelitian baru ini harus menjadi peringatan bagi kita semua. Sangat penting bagi kami untuk memfokuskan upaya kami untuk memastikan, terutama kaum muda, untuk menjadi yang paling sehat," ujar Debra Houry, MD, MPH, direktur utama CDC.

Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads