Karbohidrat dan Pengaruhnya Bagi Diabetes

May 26, 2020 | Kaifia

Karbohidrat

Karbohidrat mempunyai beberapa peran dalam tubuh dan juga merupakan sumber energi. Namun, mengonsumsi makanan berkarbohidrat dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang tidak diinginkan atau memicu penyakit serius lainnya seperti diabetes.

Karbohidrat memberikan energi kepada tubuh manusia. Seseorang juga dapat memperoleh energi yang berasal dari protein atau lemak, namun karbohidrat adalah sumber yang memainkan peran yang sangat penting bagi tubuh.

Jika seseorang tidak memiliki persediaan karbohidrat yang baik, tubuh mereka akan menggunakan protein dan lemak sebagai sumber energi.

Walaupun protein adalah komponen yang esensial untuk membangun atau menyusun jaringan tubuh, tubuh tidak memandang protein sebagai energi.

Karbohidrat terurai menjadi glukosa dalam tubuh dan seluruh sel manusia menggunakan glukosa untuk berfungsi. 

Karbohidrat sederhana dan kompleks

Karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana menyediakan sumber energi yang cepat, tetapi seseorang akan terasa lapar lagi. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti roti putih, gula, dan permen.

Karbohidrat kompleks

YesDok Ads

Karbohidrat kompleks terdiri tiga atau lebih molekul gula. Gandum dan makanan yang mengandung serat adalah karbohidrat kompleks. Karbohidrat ini merupakan karbohidrat yang lebih lama bagi tubuh untuk mencerna. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yaitu sayuran, buah-buahan, dan pasta gandum.

Bagaimana karbohidrat dapat memicu diabetes?

Ketika seseorang mengonsumsi karbohidrat, sistem pencernaan memecah beberapa dari mereka menjadi glukosa. Glukosa ini memasuki darah dan meningkatkan kadar gula.

Ketika kadar gula meningkat, sel beta dalam pankreas menghasilkan insulin.

Insulin adalah hormon yang membuat sel kita menyerap gula darah untuk energi atau penyimpanan. Saat sel menyerap gula darah, kadar gula darah mulai turun. 

Memproduksi insulin tingkat tinggi selama bertahun-tahun, sel beta di pankreas bisa melelahkan dan tidak bertenaga. Produksi insulin menurun dan bisa berhenti sama sekali.

Mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah berlebihan membuat kadar gula seseorang menurun. Setiap orang membutuhkan makanan yang mengandung karbohidrat dalam makanannya. 

Setiap orang membutuhkan makanan yang mengandung karbohidrat. Perhatikan jumlah yang perlu Anda makan tergantung pada usia dan tingkat aktivitas fisik Anda.

(Foto: runtastic.com)

YesDok Ads