0 Point
bayi makan nasi

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bayi Bisa Makan Nasi?

Bagi Anda yang baru pertama kali menjadi orang tua dan memiliki bayi, pastinya sangat antusias dengan perkembangan buah hati Anda.

Dari yang awalnya hanya mengonsumsi ASI atau susu formula, bayu akan mulai beranjak makan makanan padat seperti nasi misalnya.

Pastinya Anda akan bertanya-tanya, kapan waktu yang tepat bagi bayi bisa mulai mengonsumsi nasi?

Beberapa orang mungkin menyarankan memberi makan sereal atau nasi mulai dari 6 bulan, sedangkan yang lain mungkin menyarankan lebih awal lagi, 2 atau 3 bulan.

Tetapi hanya karena orang lain memberikan nasi untuk bayinya lebih awal, tidak berarti Anda harus melakukan hal yang sama.

Selama beberapa bulan pertama usia bayi, Anda akan memberi makan bayi Anda secara eksklusif dengan ASI atau susu formula. Apa pun selain ASI atau susu formula dianggap sebagai makanan padat.

Jadi ketika memutuskan waktu yang tepat untuk memulai bayi Anda dengan nasi sereal, Anda harus mengikuti pedoman yang sama untuk memulai memberi makanan padat pada bayi.

Perlu Anda ketahui bahwa bayi belum siap makan makanan padat sampai mereka berusia sekitar 6 bulan. Karena setiap bayi berbeda, penting untuk mencari tanda-tanda bahwa bayi Anda benar-benar siap makan makanan padat sebelum menyajikannya.

Anda harus menunda pemberian makanan padat pada bayi sampai ia dapat mengontrol leher dan kepalanya. Si kecil harus dalam posisi tegak saat makan, jadi dia harus bisa duduk di kursi.

Yang terpenting, jangan berikan bayi makanan padat sampai mereka memiliki keterampilan untuk memindahkan makanan padat dari depan mulut ke belakang.

Keterampilan ini biasanya tidak berkembang hingga setidaknya berusia 4 bulan. Sampai saat itu, lidah bayi Anda akan mengeluarkan makanan yang masuk ke mulutnya.

Tanda lain yang menunjukkan bahwa bayi Anda mungkin siap untuk makanan padat adalah ketika mereka menunjukkan minat pada makanan Anda. Jika Anda makan di hadapan mereka, mereka mungkin mencoba mengambil makanan Anda atau menengadah ke makanan dengan mulut terbuka.

(Foto: Parents)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok