Kapan Waktu Terbaik untuk Mulai Menyikat Gigi Bayi?

March 31, 2021 | Claudia

Menyikat Gigi Bayi

Bagi Anda yang baru memiliki bayi, setiap tumbuh kembangnya pasti akan sangat Anda perhatikan dengan baik. Anda tentunya juga akan terus mencari informasi yang diperlukan dalam merawat buah hati Anda. Salah satu yang perlu Anda ketahui adalah, kapan saat terbaik mulai menyikat gigi bayi?

Beberapa orang meyakini bahwa menyikat gigi bayi dimulai ketika Anda sudah memberikannya makanan padat. Namun ternyata ini tidak tepat. Ada lagi anggapan yang mengatakan bahwa bayi baru boleh disikat giginya ketika gigi sudah mulai tumbuh. Mana jawaban yang benar?

Berikut merupakan ulasan yang dapat membantu Anda menentukan, kapan waktu terbaik untuk mulai menyikat gigi bayi Anda:

Ketika gusi mulai ditumbuhi gigi

Saat gusi bayi mulai ditumbuhi gigi, biasanya bayi akan merasa kurang nyaman. Dan salah satu cara menenangkannya adalah dengan memberikan gosokkan lembut pada gusinya menggunakan sikat berbahan silikon lunak yang biasanya diletakkan di jari Anda. Penggunaan sikat jenis ini dapat membantu menenangkan gusi bayi sebelum munculnya gigi.

Sebelum gigi tumbuh

Anda sudah bisa mulai menyikat gigi bayi, bahkan sebelum gigi pertamanya tubuh. Usia tiga bulan merupakan waktu yang tepat untuk mencoba memulai menyikat gigi atau gusi bayi sekali sehari. Bayi akan mengeluarkan banyak air liur selama masa-masa ini karena proses tumbuh gigi dimulai dari dalam gusi.

Sikat gigi dua kali sehari

YesDok Ads

Biasakan untuk menggosok gigi bayi di pagi hari dan sebelum ia pergi tidur. Jika Anda sudah menanamkan kebiasaan baik ini sejak kecil, ini akan terbawa terus bahkan sampai anak tumbuh dewasa.

Menyikat gusi membantu mempercepat proses tumbuh gigi

Rutin menyikat gusi bayi akan membantu gigi bayi tumbuh lebih cepat. Menyikat gusi dapat membantu gigi kecil pertama muncul lebih cepat.

Setelah tumbuh gigi

Setelah gigi pertama bayi tumbuh, Anda harus mulai fokus untuk menyikat pada gigi dan celah di sekitarnya. Namun jangan lupa juga untuk tetap membersihkan gusi bayi Anda.

Jangan lupa bersihkan lidah

Tak cukup hanya dengan membersihkan gigi bayi, namun Anda juga harus membiasakan untuk rutin membersihkan lidahnya. Bayi biasanya memiliki lidah yang putih saat ia masih minum susu. Ini menyebabkan pertumbuhan bakteri di mulut bayi, yang jika didiamkan bisa menimbulkan penyakit.

(Foto: lovettdental.com)

YesDok Ads