KAPAN SAYA SELESAI ISOLASI? HASIL SWAB PCR KOK MASIH POSITIF JUGA?

January 29, 2021 | Dr. Marshell Timotius Handoko, S.Ked

selesai isolasi COVID

Banyak yang mempertanyakan dan kebingungan karena setelah melakukan isolasi mandiri pada penderita COVID-19 gejala ringan hingga sedang namun setelah dilakukan swab PCR ulang hasilnya masih positif.
Tidak sedikit yang mengambil keputusan untuk melanjutkan isolasi mandiri selama 14 hari lagi, namun kembali lagi hasil swab PCR tidak kunjung konversi menjadi negatif.

Pada kondisi ini menjadi kondisi yang meresahkan, karena di satu sisi penderita sudah merasakan tidak ada gejala bahkan tubuh sudah berangsur-angsur pulih seperti normal. Keraguan yang utama adalah kenapa saya belum sembuh dan apakah saya masih beresiko menularkan kepada orang-orang terkasih disekitar saya. 

Banyak juga yang menjadi stress dan bahkan depresi akibat kondisi ini, hilangnya aktifitas rutin dalam jangka waktu lama membuat diri merasa tidak produktif. Selain rasa bosan tidak bisa keluar seperti biasa, rasa ingin berjumpa langsung dengan anggota keluarga tercinta menjadi beban yang sulit ditanggung jika terjadi semakin lama.
Belum lagi faktor berita di sosial media yang semakin menjadi-jadi dan bersifat negatif, justru membuat sistem imun menjadi melemah. 

Perlu benar kita pahami terkait kriteria selesai isolasi COVID-19 agar tidak menjadi stressor berlebih dan salah mengambil langkah yang menyebabkan potensi depresi. 

Berdasarkan pedoman pencegahan dan pengendalian COVID-19 revisi 5 (lima) yang di keluarkan KEMENKES RI per-tanggal 13 Juli 2020, dinyatakan jelas pada halaman 107 terkait evaluasi akhir status klinis pasien COVID-19.
Dijelaskan bahwa khusus penderita COVID-19 kasus konfirmasi tanpa gejala (asimptomatik) dan kasus konfirmasi dengan gejala ringan dan gejala sedang dinyatakan selesai isolasi harus dihitung 10 hari sejak tanggal onset dengan ditambah minimal 3 hari setelah tidak lagi menunjukkan gejala demam dan gangguan pernapasan.
Beberapa point yang menjadi penekanan:

YesDok Ads

  • Tidak berlaku bagi kasus konfirmasi gejala berat/kritis
  • Tidak perlu melakukan pemeriksaan follow up swab PCR ulang pasca selesai isolasi
  • Harus bebas gejala

Jika tidak memenuhi kondisi diatas maka perlu evaluasi ulang untuk menyatakan bahwa bisa selesai isolasi. 

Ada yang melakukan pemeriksaan follow up swab PCR ulang pasca selesai isolasi karena rasa penasaran terkait hasilnya pasca isolasi, namun pemeriksaan follow up swab PCR dapat persisten positif, karena pemeriksaan swab PCR masih dapat mendeteksi bagian tubuh virus COVID-19 walaupun virus sudah tidak aktif lagi (tidak menularkan lagi).

Hal terakhir yang penting dilakukan adalah tetap disiplin dalam melakukan protokol kesehatan 5M yaitu memakai masker dengan benar, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas. Perlu anda ketahui bahwa kondisi anda masih mungkin mengalami re-infeksi COVID-19 atau ada potensi mudah terinfeksi penyakit lain yang spesifik terkait pernafasan pasca kondisi COVID-19.

Sumber: Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian COVID-19 Revisi 5 (lima) KEMENKES RI per-tanggal 13 Juli 2020.

 

YesDok Ads