0 Point
Kapan Operasi Gigi Bungsu Harus Dilakukan?

Kapan Operasi Gigi Bungsu Harus Dilakukan?

Gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga atau terakhir yang tumbuh pada seseorang ketika usia mencapai 17-25 tahun. Sesuai dengan namanya, gigi bungsu terletak paling belakang dari rahang. Biasanya munculnya gigi bungsu ini menimbulkan rasa nyeri apabila tidak ada ruang lagi untuk tumbuh. Lalu kapan operasi gigi bungsu harus dilakukan?

Tidak semua gigi bungsu harus perlu dicabut. Gigi bungsu yang tidak menimbulkan masalah kesehatan tidak perlu dicabut. Pertumbuhan gigi bungsu ini kadang mengalami masalah sehingga memerlukan tindakan operasi untuk mencabutnya. Biasanya gigi bungsu ini tumbuh miring atau tumbuh tidak normal sehingga sering menimbulkan nyeri. 

Dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan operasi pencabutan gigi bungsu bila masalah kesehatan akibat gigi bungsu ini tidak mempan diobati dengan antibiotik dan antiseptik. Sebelum memutuskan untuk operasi gigi bungsu, dokter terlebih dahulu melihat kondisi dan posisi gigi melalui rontgen panoramik. Hal ini memudahkan dokter dalam melakukan tindakan yang dibutuhkan. 

Untuk menangani gigi bungsu ini dapat dilakukan dengan dua cara yakni operasi gigi bungsu bius lokal yang dikerjakan di poli gigi. Pasien akan diizinkan pulang di hari yang sama setelah operasi gigi bungsu. Sedangkan operasi gigi bungsu dengan bius total dilakukan di ruang operasi dan biasanya memerlukan rawat inap minimal satu hari untuk pemulihan. Anda tidak perlu khawatir karena operasi gigi impaksi ini tidak sakit. Dokter akan mengusahakan operasi yang nyaman dan tidak akan terasa nyeri saat operasi atau setelah operasi. 

Setelah melakukan operasi gigi bungsu biasanya pasien akan mengalami pendarahan. Usahakan untuk tidak meludah berlebihan agar tidak mengeluarkan gumpalan darah dari gusi atau gigi. Setelah operasi dokter akan meresepkan obat untuk mengurangi rasa sakit. Anda juga dianjurkan untuk mengompres es pada pipi untuk mengurangi pembengkakan. Serta perbanyak minum air putih, pilihlah makanan yang ,ebut seperti yogurt atau bubur selama 24 jam. Hindari makanan keras yang membuat Anda mengunyah dengan kuat, bersihkan mulut dengan berkumur dan jangan merokok dalam waktu 72 jam.

(Foto: mission implant center)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok