Kapan Indonesia Melakukan Vaksinasi Covid-19 Dosis Ke-4?

May 15, 2022 | Aqiyu

vaksin dosis ke-4

Covid-19 belum juga berakhir, saat ini kondisi di Indonesia masih berstatus pandemic meski beberapa wacana pemerintah akan mengubahnya menjadi endemic. Melihat masih ada kasus positif di Indonesia dan kemungkinan munculnya varian baru, Indonesia tetap melakukan vaksinasi yang kini sudah mencapai dosis ke-3. Lalu, kapan Indonesia akan melakukan vaksinasi Covid-19 dosis ke-4?

Menurut data vaksinasi Covid-19 yang dilansir dari laman Satgas Covid-19 per 13 Mei 2022, vaksinasi dosis ke-1 mencapai 199.513.545, vaksinasi dosis ke-2 sebanyak 166.080.531 dan vaksinasi ketiga mencapai 42.201.812 dengan total target sasaran vaksinasi nasional sebanyak 208.265.720 orang.

Beberapa waktu lalu, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan bahwa pemerintah belum membuat rencana untuk melakukan vaksinasi dosis ke-4. Atau vaksin booster kedua Akan tetapi jika memang dosis ke-4 akan dilakukan di Indonesia kemungkinan tidak dalam waktu dekat ini. Dan bila di Sebab, pemerintah masih memprioritaskan untuk vaksinasi dosis ketiga. Indonesia masih menunggu rekomendasi WHO mengenai vaksin Covid-19. 

YesDok Ads

Bila nantinya vaksin booster kedua ini dilakukan di Indonesia, Nadia menyebutkan akan memprioritaskan kelompok yang paling rentan. Sama seperti pada pemberian booster atau vaksin dosis ke-3 yang dimulai untuk nakes dan lansia, orang dengan komorbid, pekerja public yang sudah enam bulan memperoleh vaksin dosis kedua. Setelah vaksinasi lengkap selesai di bulan Juni, pemerintah akan mengevaluasi dengan uji klinik epidemiologi apakah memerlukan suntikan vaksin dosis keempat.

Vaksinasi dosis ke-4 sudah dilakukan beberapa negara seperti Inggris dan Amerika Serikat. Mengingat sebuah penelitian menunjukkan penurunan efikasi vaksin usia 3-6 bulan pemberian. Di AS, Regulator Pangan dan Obat-obatan (FDA) telah memberikan izin penggunaan dosis keempat namun aturan ini akan berlaku hanya untuk usia 50 tahun ke atas. Mengutip CNBC, vaksin yang diberikan untuk dosis ke-4 ini hanya vaksin buatan Pfizer dan Moderna saja. Dosis ke-4 ini diberikan setidaknya empat bulan setelah menerima vaksin terakhir. 

(Foto: AARP)

YesDok Ads