Kapan Durasi yang Aman Bertemu dengan Orang yang Pernah Terpapar COVID-19?

January 12, 2022 | Helmi

covid199

Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak muncul pertanyaan mengenai kapan orang yang sehat bisa berada di dekat seseorang yang pernah menderita COVID-19?

Seperti penyakit menular lainnya, waktu pemulihan dapat bervariasi dari orang ke orang. Tetapi para ahli merekomendasikan orang mengikuti pedoman yang baru-baru ini diperbarui yang dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

“Menurut revisi pedoman CDC baru-baru ini, jika seseorang memiliki COVID-19, mereka dapat, setelah 5 hari, keluar dari isolasi dan mengenakan masker,” ujar Dr. William Schaffner, pakar penyakit menular di Universitas Vanderbilt.

"Ini didasarkan pada data yang sekarang terakumulasi dengan kuat, yang satu mengeluarkan virus paling banyak untuk satu atau dua hari penyakit sebelumnya, dan kemudian untuk pasangan pertama, atau mungkin tiga, hari penyakit ketika Anda paling bergejala," tambahnya.

Di bawah pedoman, mereka yang telah menduga atau mengkonfirmasi COVID-19 harus tinggal di rumah dalam isolasi selama 5 hari penuh, dengan hari nol menjadi hari pertama gejala muncul atau hari tes positif bagi mereka yang tidak menunjukkan gejala.

Setelah periode isolasi 5 hari, mereka dapat meninggalkan rumah tetapi harus mengenakan masker selama 5 hari tambahan.

Para ahli mengatakan perubahan dari isolasi 10 hari masuk akal, mengingat kebanyakan orang tidak lagi menularkan COVID-19 dalam 10 hari.

“Hari pertama infeksi jika tidak menunjukkan gejala… ada risiko penularan 60 persen, sedangkan pada hari ke 5, ada sekitar 10 hingga 20 persen risiko penularan. Jadi berkurang seiring waktu,” kata Dr. Dean Blumberg, kepala Pediatric Infectious Diseases di University of California Davis.

“10 hari yang awalnya digunakan CDC adalah perkiraan yang relatif konservatif. Dan untuk sebagian besar orang, mereka tidak menularkan setelah 10 hari,” tambahnya. 

“Memperpendeknya menjadi 5 hari dengan rekomendasi kemudian masker ketika Anda berada di sekitar orang lain setelah itu akan mengurangi risiko penularan lebih lanjut,” tambahnya.

Schaffner mengatakan pedoman itu masuk akal, tetapi juga bergantung pada orang yang melakukan hal yang benar dan mengenakan masker.

YesDok Ads