0 Point
IUD

Kapan Boleh Berhubungan Intim Usai Pasang KB IUD?

Jenis alat kontrasepsi kini sangat beragam. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya yang dapat membantu wanita untuk menunda kehamilan. Mulai dari efektivitasnya hingga efek samping dari jenis KB tersebut. salah satu KB yang banyak digunakan adalah Intrauterine Device (IUD) atau KB spiral.

IUD atau KB spiral ini berbentuk huruf “T” yang dipasang di rahim wanita. Cara kerjanya, KB IUD adalah benda asing yang keberadaannya dalam rahim mengakibatkan respons radang yang steril sehingga membuat kerusakan sel telur yang masuk. Untuk pemasangannya sendiri hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit. Tetapi penggunaan KB IUD bisa bertahan hingga 5-10 tahun tergantung jenisnya.

KB IUD terdiri dari dua jenis yakni KB IUD hormonal dan non hormonal atau tembaga. Masing-masing jenis tersebut memiliki efek samping yang berbeda pada setiap orang. Namun mengenai keefektifannya KB IUD tidak tidak perlu diragukan lagi. Jika terpasang dengan tepat maka KB IUD angka kegagalannya sangat rendah yakni kurang dari 1% atau sekitar 0,2-08% setiap 100 kehamilan.

Terkait jenisnya yang berbeda dengan alat kontrasepsi lainnya, mungkin banyak yang mempertanyakan kapan boleh berhubungan intim setelah pemasangan KB IUD. Usai pemasangan, setidaknya Anda perlu menunggu 24 jam. Selama waktu tersebut, Anda juga tidak diperbolehkan untuk memasukkan apapun seperti tampun atau douch ke dalam vagina. Setelah melewati satu hari penuh, Anda dan pasangan dapat berhubungan seks kembali.

Sementara KB IUD yang dirasa menimbulkan keluhan pada beberapa pria karena bercinta menjadi sakit akibat benang yang terlalu panjang. Cukup dengan memotongnya sehingga benar tersebut tidak akan mengenai glans penis ketika bercinta. Anda dapat mengunjungi dokter juga jika terdapat efek lainnya yang membuat Anda tidak nyaman. Seperti tidak dapat merasakan benang IUD atau benar keluar dari tempatnya. Nyeri bagian perut, sakit kepala, demam hingga pendarahan.

Perlu diketahui jika efek samping yang terjadi mungkin akan terus terjadi selama 3-6 bulan pertama. Hal ini karena tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi dan terbiasa dengan benda asing dalam rahim untuk penyesuaian.

(Foto: healthline)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2021 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok