Sexuality
Adult
+1

Kapan Boleh Berhubungan Intim Usai Pasang KB IUD?

October 02, 2021 | Aqiyu

IUD

Jenis alat kontrasepsi kini sangat beragam. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya yang dapat membantu wanita untuk menunda kehamilan. Mulai dari efektivitasnya hingga efek samping dari jenis KB tersebut. salah satu KB yang banyak digunakan adalah Intrauterine Device (IUD) atau KB spiral.

IUD atau KB spiral ini berbentuk huruf “T” yang dipasang di rahim wanita. Cara kerjanya, KB IUD adalah benda asing yang keberadaannya dalam rahim mengakibatkan respons radang yang steril sehingga membuat kerusakan sel telur yang masuk. Untuk pemasangannya sendiri hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit. Tetapi penggunaan KB IUD bisa bertahan hingga 5-10 tahun tergantung jenisnya.

KB IUD terdiri dari dua jenis yakni KB IUD hormonal dan non hormonal atau tembaga. Masing-masing jenis tersebut memiliki efek samping yang berbeda pada setiap orang. Namun mengenai keefektifannya KB IUD tidak tidak perlu diragukan lagi. Jika terpasang dengan tepat maka KB IUD angka kegagalannya sangat rendah yakni kurang dari 1% atau sekitar 0,2-08% setiap 100 kehamilan.

Terkait jenisnya yang berbeda dengan alat kontrasepsi lainnya, mungkin banyak yang mempertanyakan kapan boleh berhubungan intim setelah pemasangan KB IUD. Usai pemasangan, setidaknya Anda perlu menunggu 24 jam. Selama waktu tersebut, Anda juga tidak diperbolehkan untuk memasukkan apapun seperti tampun atau douch ke dalam vagina. Setelah melewati satu hari penuh, Anda dan pasangan dapat berhubungan seks kembali.

YesDok Ads

Sementara KB IUD yang dirasa menimbulkan keluhan pada beberapa pria karena bercinta menjadi sakit akibat benang yang terlalu panjang. Cukup dengan memotongnya sehingga benar tersebut tidak akan mengenai glans penis ketika bercinta. Anda dapat mengunjungi dokter juga jika terdapat efek lainnya yang membuat Anda tidak nyaman. Seperti tidak dapat merasakan benang IUD atau benar keluar dari tempatnya. Nyeri bagian perut, sakit kepala, demam hingga pendarahan.

Perlu diketahui jika efek samping yang terjadi mungkin akan terus terjadi selama 3-6 bulan pertama. Hal ini karena tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi dan terbiasa dengan benda asing dalam rahim untuk penyesuaian.

(Foto: healthline)

YesDok Ads