Kanker Hati, Ini Gejalanya!

January 21, 2023 | Kaifia

Gejala Kanker Hati

Kanker hati merupakan pertumbuhan sel-sel kanker pada organ liver yang tidak terkendali. Jenis kanker ini termasuk penyakit yang sangat mengancam jiwa terutama di Amerika Serikat.

Menurut artikel yang dilansir oleh CDC, sekitar 25.000 pria dan 11.000 wanita mengidap kanker hati dan sekitar 19.000 pria dan 9.000 wanita meninggal akibat kanker liver.

Persentase masyarakat Amerika yang terkena kanker hati mengalami peningkatan selama beberapa dekade.

Gejala kanker hati

Hati adalah organ terbesar dalam tubuh yang bertanggung jawab mencerna makanan serta berfungsi menyaring darah yang mengalir dari usus Anda.

Kerusakan pada organ liver mengganggu fungsi kinerjanya secara keseluruhan dan bahkan bisa berakibat fatal mengancam jiwa.

YesDok Ads

Organ liver terletak di sisi kanan atas tubuh dekat area belakang tulang rusuk bawah. Dalam beberapa kasus, pengidap kanker hati bisa menjalankan hari-harinya tanpa menimbulkan gejala apapun dalam tahapan awal namun seiring waktu gejala tersebut akan semakin memperparah. Berikut adalah beberapa gejala kanker hati yang perlu Anda perhatikan

  • Pembengkakan di area perut
  • Nyeri perut bagian atas
  • Sensasi mual dan muntah
  • Penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas
  • Kehilangan selera makan
  • Kelelahan terus menerus
  • Penyakit kuning
  • Nyeri di dekat tulang belikat kanan atau area punggung

Penyebab

Mengutip dari Mayo Clinic, kanker hati bermula ketika sel-sel dalam liver alami perubahan atau mutasi dalam DNA mereka. DNA sel adalah bahan tertentu yang memberikan instruksi untuk setiap proses kimia dalam tubuh Anda.

Mutasi DNA dapat menyebabkan perubahan dengan adanya pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali hingga memicu pertumbuhan tumor.

Mengidap kanker hati tanpa adanya gejala bisa terjadi pada tahapan awal. Anda dapat melakukan skrining kanker secara rutin dalam upaya memantau kesehatan liver Anda secara keseluruhan dan memeriksa jika terdapat tanda-tanda pertumbuhan sel-sel kanker.

Berikut adalah beberapa gejala kanker hati yang perlu Anda perhatikan. YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads