Kaki Berkeringat Bikin Bau dan Malu? Ini Tips Mengatasinya!

October 28, 2021 | Claudia

Kaki Berkeringat

Beberapa orang memiliki kaki yang mudah berkeringat. Bahkan, keringat yang dikeluarkan kaki bisa sangat banyak dan membuat tidak nyaman, juga menyebabkan bau kaki yang menyengat. Kondisi ini bisa jadi menandakan bahwa Anda mengalami hiperhidrosis.

Jika Anda tak mau kaki Anda terus berkeringat dan menyebabkan banyak masalah, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya, seperti:

Gunakan bedak antijamur

Penggunaan bedak antijamur dapat menjaga kaki tetap kering dan bebas bau. Jika Anda tidak memiliki jenis bedak ini, Anda juga bisa menggunakan tepung maizena pada kaki Anda. 

Cuci kaki 

Mencuci kaki yang berkeringat tidak hanya dapat membersihkan keringat dan bakteri, namun juga menyejukkan kulit dan mengurangi keringat berlebih. Cucilah kaki Anda paling tidak sekali atau dua kali dalam sehari. Gunakan sabun antijamur atau tambahkan beberapa tetes minyak esensial dengan kandungan antimikroba, seperti tea tree oil atau eucalyptus, ke dalam air.

Jangan lupa untuk mengeringkan kaki secara menyeluruh, terutama pada bagian jari-jari kaki. Kaki yang lembap menjadi tempat yang strategis untuk bakteri dan jamur terus berkembang biak.

YesDok Ads

Pilih kaus kaki yang tepat dan nyaman

Pakailah kaus kaki yang sesuai dengan aktivitas Anda. Kaus kaki berbahan katun sangat cocok dipakai saat cuaca sedang panas, sementara kaus kaki berbahan wol lebih cocok digunakan di cuaca yang dingin. Hindari kaus kaki berbahan nilon yang tidak dapat menyerap keringat.

Rendam kaki dalam larutan teh hitam

Menggunakan teh hitam bisa menjadi cara yang efektif untuk menghentikan keringat berlebih. Isi baskom dengan air hangat dan rendam 2 kantung teh hitam ke dalamnya. Tanin dalam teh dapat menutup pori-pori kulit dan mengurangi keringat. Rendam kaki selama 20 menit, dan ulangi perawatan ini setiap hari untuk hasil yang diinginkan.

Tetap terhidrasi

Meminum banyak air teutama pada cuaca yang panas ataupun ketika berolahraga, dapat membantu mengatur suhu tubuh dan mengurangi produksi keringat.

(Foto: foxnews.com)

YesDok Ads