Jumlah Tes Covid 19 di Indonesia Belum Capai Standar WHO

August 29, 2020 | Helmi

covid test

Salah satu cara untuk memetakan dan mendapatkan gambaran yang jelas mengenai persebaran virus corona adalah dengan melakukan tes pada masyarakat di suatu negara. Namun saat ini Indonesia belum bisa mencapai standar yang ditetapkan oleh WHO.

Untuk jumlah pemeriksaan per orang nasional, sejauh ini Indonesia baru mencapai 35,6% dari standar WHO. Indonesia mengikuti standar yang ditetapkan WHO yakni idealnya 1:1000 orang per minggu. 

Di Indonesia idealnya dengan jumlah penduduk 260 juta jiwa, targetnya adalah 267.700 orang per minggu. 

Menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito, Indonesia terus berupaya mengejar target sesuai standar WHO. Saat ini Indonesia telah mencapai pemeriksaan per orang nasional sebanyak 95.463 orang per minggu.

YesDok Ads

"Ini memang capaiannya masih jauh dari standar internasional, pemerintah Indonesia berupaya keras untuk memenuhi targetnya, saat ini sudah ada 320 laboratorium dibawah 12 lembaga yang seluruhnya berupaya keras meningkatkan testing ini dengan baik," lanjutnya. 

Sementara soal vaksin baru akan dimulai setelah lulus uji klinis fase 3 dan memberikan hasil yang baik serta memberikan kekebalan yang baik bagi manusia. Saat ini BUMN Bio Farma telah melakukan kerjasama dengan Sinovac asal China mengembangkan vaksin Merah Putih. 

"Indonesia juga bekerjasama dengan Sinopharm melakukan uji klinis fase 3 yang dilakukan China National Biotec Group. Dan uji diadakan dengan aliansi Uni Emirat Arab melalui perusahaan G42 Healtcare yang berbasis di Abu Dhabi," jelasnya.

YesDok Ads