Jenis Sakit Kepala yang Muncul Selama Masa Kehamilan

December 13, 2021 | Iman

Sakit kepala

Sakit kepala sering terjadi selama kehamilan. Dalam kebanyakan kasus, sakit kepala kehamilan tidak berbahaya. Tapi sakit kepala yang terjadi secara tiba-tiba dan dimulai pada paruh kedua kehamilan, bisa menjadi tanda preeklamsia, yang merupakan kondisi berbahaya yang memerlukan intervensi medis.

Preeklamsia adalah komplikasi terkait kehamilan, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan kerusakan organ pada kasus yang parah. Biasanya dimulai setelah 20 minggu kehamilan. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan komplikasi serius.

Sakit kepala kehamilan lebih sering terjadi sekitar sembilan minggu ketika volume darah dan hormon meningkat. Tapi sakit kepala bisa dimulai kapan saja selama kehamilan. Sakit kepala mungkin terasa seperti yang belum pernah Anda alami sebelumnya. Berikut jenis sakit kepala yang muncul selama kehamilan.

Tekanan sinus

Peningkatan volume darah selama kehamilan dapat meningkatkan tekanan pada sinus, yang menyebabkan sakit kepala sinus.

Gangguan tidur

Kurang tidur meningkatkan kemungkinan Anda mengalami sakit kepala terutama pada ibu hamil.

Dehidrasi

Mual terkait kehamilan dapat membuat orang tidak minum cukup air, kondisi ini meningkatkan risiko sakit kepala terkait dehidrasi.

Kelaparan

Saat Anda mengonsumsi lebih banyak kalori, Anda mungkin mengalami serangan kelaparan dan gula darah rendah yang dapat memicu sakit kepala.

Fluktuasi hormon

Fluktuasi hormon dapat memicu nyeri migrain selama kehamilan.

Ketegangan area leher

Penambahan berat badan dan perubahan tubuh meningkatkan tekanan pada bahu dan leher, yang menyebabkan sakit kepala tegang.

YesDok Ads

Berhenti konsumsi kafein

Banyak wanita melepaskan kafein sepenuhnya selama kehamilan, yang dapat menyebabkan gejala penarikan seperti sakit kepala dan kelelahan.

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi yang berhubungan dengan preeklamsia juga dapat menyebabkan sakit kepala, kebanyakan setelah 22 minggu. Jika Anda mengalami sakit kepala mendadak yang belum pernah Anda alami sebelumnya, segera periksakan ke dokter.

Cara meredakan sakit kepala

Pertama, cobalah untuk mengidentifikasi penyebab sakit kepala Anda. Mungkin perlu sedikit trial and error untuk mencari tahu apa yang cocok untuk Anda seperti pertolongan pertama berikut:

-Minum air

-Beristirahatlah di ruangan yang gelap dan sunyi

-Obat pereda nyeri

-Kompres panas dan dingin

-Pijat kulit kepala dan leher

Pijat dapat membantu meredakan nyeri akibat sakit kepala tegang, meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan relaksasi.

Kapan perlu pergi ke dokter?

Selama trimester ketiga, risiko preeklamsia cenderung meningkat. Jika Anda mengalami perubahan penglihatan atau melihat bintik-bintik, segera hubungi dokter Anda karena itu bisa menjadi tanda preeklamsia.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads