Jenis Kacang yang Baik Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

November 13, 2021 | Kaifia

Kacang almond

Gaya hidup memiliki dampak yang signifikan terhadap penyakit diabetes tipe 2 terutama diet yang memainkan peran penting dalam kondisi ini.

Kacang merupakan sumber nutrisi yang baik serta memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh. Namun, ada beberapa jenis kacang yang cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes. 

Apakah kacang-kacangan baik untuk diabetes?

Kacang memiliki kandungan lemak yang bermanfaat tingkat tinggi.

Lemak tak jenuh dalam kacang bisa mendukung pertumbuhan sel dan melindungi organ termasuk jantung. 

Selain itu, kacang juga berprotein tinggi dan mengandung nutrisi penting lainnya untuk kesehatan tubuh, termasuk

  • Antioksidan
  • Folat
  • Mineral
  • Serat
  • Karotenoid
  • Vitamin E
  • Serat

Kacang juga memiliki indeks glikemik rendah yang berarti tubuh Anda menyerap karbohidrat secara perlahan.

Berikut adalah beberapa jenis kacang yang baik untuk penderita diabetes

Almond

YesDok Ads

Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa peserta dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi kacang almond rutin sebagai diet mereka secara positif berpengaruh pada gula darah mereka dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Kacang mete

Jenis kacang ini dapat membantu meningkatkan rasio HDL terhadap kolesterol LDL serta menurunkan risiko penyakit jantung. 

Sebuah studi tahun 2018, para peneliti memberi 300 peserta yang memiliki diabetes tipe 2 dengan dua hal, antara  diet yang diperkaya oleh kacang mete atau diet khusus diabetes.

Peserta yang menjalani diet kaya akan kacang mete memiliki tekanan darah yang lebih rendah dan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik yang lebih tinggi.

Kacang pistachio

Pistachio mengandung jumlah serat yang sehat dan lemak yang bermanfaat.

Sebagian besar studi tahun 2015, para peneliti memberikan kedua pilihan antara diet yang diperkaya pistachio atau diet biasa kepada peserta dengan diabetes tipe 2. Mereka menemukan bahwa rasio HDL terhadap kolesterol LDL secara signifikan lebih baik pada kelompok pistachio, dibandingkan dengan kelompok diet biasa.

YesDok Ads