0 Point
jenis jerawat

Jenis Jerawat yang Wajib Anda Ketahui

Aktivitas sehari-hari di luar rumah bisa membuat pori-pori kulit tersumbat oleh minyak berlebih, sel kulit mati, infeksi bakteri, kotoran, debu dan polusi yang menyebabkan jerawat. Jerawat di wajah merupakan musuh bagi semua orang. Keberadaan jerawat bukan hanya menggangu penampilan, tetapi juga menurunkan tingkat percaya diri seseorang.

Jerawat sendiri terdir idari dua kelompok yakni jerawat noninflamasi atau tidak menyebabkan pembengkakan. Dan jerawat inflamasi yang menyebabkan pembengkakan pada kulit hingga berwarna merah. Sementara jenis jerawat pun beragam, berikut jenis jerawat yang wajib Anda ketahui:

Papules

Papules atau papula merupakan jenis jerawat yang muncul di bawah permukaan kulit. Biasanya papula muncul dengan bentuk benjolan kecil berkelompok berwarna merah dan menyakitkan. Jearwat jenis papula tidak memiliki titik nanah. Namun, dinding sekitar pori-pori rusak akibat peradangan.

Pustula

Pustula merupakan benjolan berisi cairan atau nanah pada kulit akibat infeksi bakteri di pori-pori. Tidak seperti papula, benjolan jerawat jenis ini keluar dari kulit, memiliki kepala berwarna kuning atau putih dan kulit sekitar jerawat terlihat kemerahan.

Nodules

Ketika pori-pori tersumbat dan membengkak mengalami iritasi parah dan tumbuh besar merupakan ciri dari jenis jerawat nodules atau nodul. Nodul termasuk dalam kelompok jerawat inflamasi yang tumbuh dibawah kulit dan menyakitkan. Untuk mengatasi jenis jerawat nodul Anda membutuhkan bantuan dokter. Sebab, jerawat nodul bisa bertahan selama hitungan minggu bahkan bulan.

Blackhead

Penyebab munculnya blackhead akibat pori-pori yang tersumbat oleh sebum dan sel kulit mati. Blackhead atau komedo terbuka ini bentuknya seperti benjolan kecil berwarna hitam di permukaan wajah. Meski tersumbat, pada komedo ini pori-pori tetap terbuka. Blackhead tidak menimbulkan rasa sakit atau kemerahan.

Whitehead

Jenis jerawat ini sangat mudah dikenali. Whitehead terjadi ketika lapisan tipis kulit menutupi pori-pori dengans el kulit mati atau kotoran. Bentuk dari whitehead ini menyerupai gumpalan bulat berwarna putih pada kulit. Pada umumnya whitehead lebih susah diobati daripada blackheads. Hal ini karena pada jenis jerawat ini pori-pori sudah tertutup.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok