Jenis Gaya Hidup dan Pengobatan yang Cocok bagi Penderita Obesitas

February 02, 2022 | Kaifia

Obesitas

Obesitas adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh penumpukan lemak sehingga membuat berat badan berada diluar batas ideal.

Banyak faktor kenapa seseorang sulit untuk menurunkan berat badan. Biasanya, faktor obesitas berasal dari keturunan, fisiologis dan lingkungan serta dikombinasikan dengan diet. 

Berbagai pengobatan bisa membantu mengontrol keparahan gejala seperti membantu penderita obesitas mencapai target berat badan yang sehat dan ideal.

Terkadang kondisi kesehatan seperti gangguan hormon bisa menyebabkan penambahan berat badan. Dengan mengatasi ketidaseimbangannya, hal ini bisa mengurangi gejala yang dapat memperburuk.

Berikut adalah perawatan dan gaya hidup yang bisa dilakukan untuk penderita obesitas

Perubahan diet

Beberapa jenis makanan dapat memicu penambahan berat badan. Makanan tertentu mengandung zat aditif. Zat ini merupakan zat yang dicampurkan dan ditambahkan ke produk makanan dan minuman dengan tujuan meningkatkan cita rasa dan daya simpan makanan tersebut.

Hal ini bisa menyebabkan perubahan dalam tubuh yang bisa meningkatkan berat badan.

YesDok Ads

Mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran dan makanan tinggi serat bisa membantu seseorang menurunkan berat badan.

Olahraga teratur 

Meningkatkan intensitas aktivitas fisik merupakan metode yang penting dalam perawatan obesitas.

Cara terbaik untuk membuat tubuh agar mulai aktif, yaitu:

  • Berenang
  • Jalan cepat
  • Sering menggunakan tangga daripada elevator

Seseorang yang belum terbiasa berolahraga secara rutin disarankan untuk tidak melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat.

Operasi penurunan berat badan

Operasi penurunan berat badan atau operasi bariatrik ini membatasi jumlah makanan yang Anda konsumsi dan mengurangi penyerapan makanan dan kalori.

Namun operasi ini bukan pilihan yang tepat untuk menyembuhkan obesitas. Hal ini tidak menjamin bahwa Anda akan kehilangan berat badan yang berlebihan.

YesDok Ads