Jenis Diabetes yang Wajib Diketahui

March 20, 2023 | Aqiyu

Jenis Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis yang memengaruhi cara tubuh memproses gula darah atau glukosa. Jenis diabetes sendiri terdiri dari tiga yaitu diabetes melitus tipe 1, diabetes melitus tipe 2, diabetes gestasional dan diabetes melitus tipe lainnya. Lalu apa perbedaan dari jenis diabetes tersebut?

Selama ini banyak orang yang salah kaprah terhadap jenis diabetes. Banyak orang awam menyebut istilah diabetes kering dan basah yang sebenarnya dalam dunia medis itu tidak ada. Seperti disebutkan di awal, jenis diabetes hanya ada diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, diabetes gestasional dan tipe lainnya. Banyak masyarakat yang menyebutkan diabetes kering dan basah mungkin berdasarkan jenis luka.

Jenis Diabetes

Penderita diabetes memiliki luka sejumlah luka yang menghitam dengan kondisi kulit tidak kunjung membaik, biasanya disebut dengan diabetes kering. Sedangkan diabetes basah yakni luka basah bernanah yang terus menerus terjadi dan sulit disembuhkan hingga berujung amputasi. Berikut penjelasan mengenai masing-masing jenis diabetes yang wajib diketahui:

Diabetes melitus tipe 1

Diabetes jenis ini disebut juga dengan diabetes autoimun. Karena diabetes tipe 1 ini disebabkan tidak adanya produksi insulin sama sekali dan biasanya terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel pankreas yang memproduksi insulin. Sehingga mengakibatkan peningkatan kadar glukosa darah dan kerusakan pada organ tubuh. 

Diabetes melitus tipe 2

Diabetes jenis ini paling sering terjadi bahkan menurut sebuah data menunjukkan bahwa sekitar 90-95% persen penderita diabetes di dunia menderita diabetes tipe ini. Diabetes tipe 2 disebabkan tidak cukup dan tidak efektifnya kerja insulin dan sel tubuh yang kurang sensitif terhadap insulin. Sehingga mengakibatkan insulin yang dihasilkan tidak dapat dipergunakan dengan baik.

YesDok Ads

Diabetes melitus gestasional

Biasanya jenis diabetes ini terjadi saat kehamilan. Diabetes pada kehamilan disebabkan oleh perubahan hormon, dan gula darah akan kembali normal setelah ibu hamil menjalani persalinan.

Diabetes melitus tipe lainnya

Diabetes melitus tipe lainnya disebabkan oleh pemakaian obat, penyakit lain-lain dan sebagainya.

Di Indonesia sendiri, berdasarkan data dari Kemenkes, penyakit gula ini telah menduduki urutan ketiga dengan persentase sebesar 6,7 persen, penyakit jantung sebesar 12,9 persen dan stroke sebesar 21,1 persen. Sementara menurut data International Diabetes Federation (IDF) Atlas pada tahun 2017 menyebutkan Indonesia menduduki peringkat ke-6 dunia dengan jumlah diabetes sebanyak 10,3 juta jiwa. Sedangkan data WHO menunjukkan penderita diabetes mencapai 8,5 persen dari populasi dunia.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok

(Foto: scripp healths)

YesDok Ads