Jenis Beras yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

July 25, 2021 | Aqiyu

beras basmati

Kandungan karbohidrat pada suatu makanan dapat memengaruhi kadar gula darah. Salah satunya adalah nasi sebagai makanan pokok orang Indonesia. Penderita diabetes dianjurkan untuk mengurangi nasi putih dan mengonsumsi jenis beras lainnya.

Hal ini bertujuan untuk mengendalikan gula darah dalam tubuh. Berikut jenis beras yang cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes:

Beras Basmati

Beras basmati memiliki kategori indeks glikemik rendah hingga sedang yakni sekitar 43-60. Sekitar 100 gram beras basmati putih yang sudah dimasak mengandung 150 kalori, 3 gram protein dan 35 gram karbohidrat. Sedangkan 100 gram beras basmati cokelat lebih tinggi serat. Basmati cokelat yang sudah dimasak mengandung tinggi serat, 162 kalori, 1,5 gram lemak, 2,8 gram protein, 33,8 gram karbohidrat dan 3 gram serat.

Sehingga beras basmati dinilai lebih aman untuk menjaga kadar gula darah. Dan cocok untuk penderita diabetes. Meski begitu, Anda harus memerhatikan porsi yang dikonsumsi. Karena beras basmati merupakan karbohidrat yang dapat memengaruhi kadar gula darah.

YesDok Ads

Beras liar

Beras liar mengandung tinggi serat dan nutrisi lainnya seperti fosfor, seng, magnesium, vitamin B dan vitamin penguat testosterone yang membantu mengelola penyakit diabetes. Selain itu, beras liar juga mengandung lebih banyak protein.

Tenang saja, untuk cita rasa beras liar bisa menjadi pilihan yang haru dipertimbangkan. Beras liar memiliki tekstur yang kenyal, cita rasa berasap dan agak pedas di bagian akhir. Sehingga beras liar cocok dinikmati dengan daging asap.

Beras merah

Beras merah sangat mudah ditemui dan kerap kali dikonsumsi oleh penderita diabetes. Beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah dan tinggi serat. Kelebihan beras merah lainnya adalah tidak memengaruhi kadar gula darah karena seratnya mampu menghambat pelepasan glukosa dalam darah. Dalam 100 gram beras merah terkandung 163,5 kalori, 34,5 gram karbohidrat, 3 gram serat, 1,5 gram lemak, dan 3,4 gram protein. Beras merah juga dilengkapi dengan vitamin B, zat besi, kalsium dan seng.

YesDok Ads