Jauhkan Smartphone Sebelum Tidur, Ini Alasannya

January 15, 2020 | Helmi

main smartphone sebelum tidur

Sebagian besar dari kita langsung menggunakan smartphone sejak membuka mata di pagi hari hingga sebelum tidur. Sebelum Anda tidur biasanya adalah waktu terbaik untuk melihat-lihat feed di media sosial Anda atau mulai mengecek email kantor

Namun, para ahli dan penelitian kesehatan mengungkapkan bahwa kebiasaan tersebut dapat membahayakan kesehatan Anda. Menggunakan ponsel di malam hari hanya akan berdampak negatif pada penglihatan dan kesehatan mata Anda secara keseluruhan.

Lampu biru yang dipancarkan ponsel tajam pada malam hari. Itu tidak hanya mempengaruhi penglihatan Anda tetapi juga produksi hormon melatonin, yang bertanggung jawab untuk tidur. Sebelum Anda naik ke tempat tidur malam dengan ponsel Anda, pertimbangkan alasan-alasan ini mengapa Anda harus meninggalkan ponsel Anda di ruangan lain.

Mempengaruhi Durasi Tidur 

Lampu biru yang dipancarkan oleh ponsel memengaruhi produksi melatonin. Melatonin adalah salah satu hormon yang membantu seseorang untuk tidur dan mengatur siklus tidur.

Penggunaan ponsel secara teratur di malam hari sebelum tidur dapat menyebabkan kurang tidur karena pikiran Anda mungkin terlalu bersemangat. Selain itu, kebiasaan ini juga menyebabkan penundaan waktu tidur dan mengurangi durasi waktu tidur.

Merusak Retina 

Cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel dapat mempengaruhi penglihatan dan dalam jangka waktu yang lama, bahkan dapat merusak retina.

Menurut American Macular Degeneration Association, cahaya biru yang dipancarkan dari telepon menyebabkan kerusakan pada retina yang bisa permanen dan menyebabkan degenerasi makula.

YesDok Ads

Peningkatan Risiko Depresi 

Menatap ponsel saat Anda seharusnya tidur tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik Anda, tetapi juga kesehatan mental Anda. Ketika cahaya biru dari layar ponsel mengganggu hormon dan pola tidur Anda, Anda juga menjadi rentan terhadap depresi.

Selain itu, energi yang rendah di siang hari karena kurang tidur dapat memicu rasa lemah emosional dan mental.

Mempengaruhi Memori Anda 

Tak hanya itu, kebiasaan ini juga dapat memengaruhi otak Anda. Penggunaan telepon malam dan tidur yang terganggu membuat otak Anda tidak dapat memperbaiki koneksi yang rusak pada siang hari - salah satu alasan utama mengapa Anda tidak dapat berpikir jernih setelah semalaman tanpa tidur.

Merusak Penglihatan

Ketika gelap dan Anda memiliki cahaya biru dari ponsel langsung mengenai mata, itu menyebabkan ketegangan mata dan rasa sakit. Ketika ini berlangsung lama, itu bisa merusak penglihatan secara permanen.

(Foto: Boldsky)

YesDok Ads