Jari Sakit? Cepat Atasi dengan Cara Ini

December 09, 2022 | Claudia

Jari Sakit

Nyeri sendi dapat menyebabkan jari sakit dan terasa tidak nyaman. Bahkan nyeri sendi yang parah bisa menyebabkan jari menjadi kaku hingga mati rasa.

Membunyikan jari menjadi salah satu cara yang kerap dilakukan banyak orang untuk mengatasi jari sakit. Ini memang bisa memberikan bantuan instan dengan menghilangkan rasa sakit, akan tetapi, rasa sakit hanya hilang sementara. Bahkan kebiasaan membunyikan jari untuk mengatasi jari sakit bisa berbahaya dalam jangka panjang.

Alih-alih membunyikan jari, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jari sakit, seperti:

YesDok Ads

  • Jika jari sakit disebabkan oleh cedera, maka hindari memberi tekanan pada jari Anda. Jangan mengangkat beban yang berat selama beberapa minggu. Biarkan jari-jari Anda beristirahat.
  • Gerakan jari-jari Anda secara perlahan untuk menghindari mati rasa. Latihan jari seperti melakukan gerakan kecil dan peregangan merupakan cara-cara yang baik untuk Anda lakukan dalam meredakan rasa sakit. Ini juga dapat meningkatkan aliran darah Anda.
  • Berhenti membunyikan jari-jari Anda. Ini memang akan memberikan rasa lega yang singkat, namun jika terus dilakukan, malah akan memperparah rasa sakit.
  • Jika aktivitas mengharuskan Anda untuk terus berkutat dengan papan ketik pada komputer, ini dapat menyebabkan rasa sakit pada jari. Luangkanlah waktu satu menit saja untuk melakukan peregangan dan mengistirahatkan jari-jari Anda di tengah aktivitas mengetik.
  • Celupkan jari-jari Anda ke dalam air hangat. Air hangat akan memberikan bantuan instan dari rasa sakit pada persendian jari. Terapi ini juga dapat membantu meningkatkan aliran darah sehingga mencegah jari sakit.
  • Putar jari-jari dan pergelangan tangan dengan lembut. Tekuklah ke arah belakang dan depan secara bergantian. Lakukan latihan ini secara perlahan. Kapanpun jari-jari Anda terasa sakit, maka latihan ini layak untuk dicoba.
  • Jika jari sakit menyebabkan Anda kesulitan untuk meluruskan jari atau menekuknya, konsultasikan segera kondisi ini ke dokter. Hal ini bisa menjadi salah satu gejala osteoporosis.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: midwesthand.com)

YesDok Ads