Jarang Diketahui, Inilah Dalang Penyebab Gigi Sensitif

December 17, 2022 | Aqiyu

Penyebab Gigi Sensitif

Gigi sensitif merupakan kondisi dimana gigi terasa tidak nyaman, ngilu dan nyeri saat mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis hingga panas. Apakah gigi sensitif terjadi karena dipicu oleh makanan saja? Ataukah faktor lain yang menyebabkan gigi sensitif?

Gigi menjadi lebih sensitif ketika lapisan pelindung gigi atau enamel terkikis. Sehingga lapisan dibawahnya yang bernama dentin menjadi terekspos dan tidak terlindungi. Hal ini memicu rangsangan yang kuat pada gigi. Itulah kenapa Anda bisa merasakan ngilu saat mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Saraf gigi menjadi lebih mudah terkena dan menimbulkan rasa ngilu. Artinya, kerusakan lapisan enamel gigi bisa mengakibatkan fungsi perlindungan menjadi terganggu.

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan kesehatan enamel gigi agar tidak mudah terkikis. Biasanya enamel gigi terkikis akibat kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari. Misalnya menyikat gigi dengan kuat tanpa disadari dapat membuat enamel gigi semakin menipis. 

Pastikan pula Anda menggunakan sikat gigi dengan bulu yang halus. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan dan minuman manis seperti sirup, coklat, lemon, minuman bersoda hingga karamel. Enamel gigi juga berpotensi semakin terkikis jika Anda memiliki kebiasaan menggertakan gigi atau bruxism. Hindari pula menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol atau bahan kimia yang berbahaya. 

Kesehatan gigi yang terganggu misalnya Anda memiliki gigi berlubang pun dapat membuat enamel gigi mengikis. Penurunan gusi juga biasanya menyebabkan gigi sensitif. Cemento Enamel junction akan terlihat saat gusi mengalami penurunan. Cemento enamel junction ini merupakan lapisan tipis yang mudah rusak jika terbuka dan membuat gigi sensitif.

YesDok Ads

Bila tidak ingin terburu-buru ke dokter dan menggunakan pengobatan rumahan, ada beberapa cara alami untuk mengatasi masalah gigi sensitif. 

  1. Berkumur dengan minyak wijen atau kelapa.
  2. Mengunyah bawang putih yang mengandung allicin. Senyawa ini dapat membunuh bakteri dan kuman dalam mulut.
  3. Berkumur dengan air kumur dipercaya efektif dalam mengurangi peradangan.

Namun, jika langkah-langkah tersebut telah Anda lakukan dan gigi sensitif semakin mengganggu sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter gigi dan rutin periksakan gigi minimal enam bulan sekali. Untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan gigi Anda dan terhindar dari gigi sensitif.

Berikut adalah Penyebab Gigi Sensitif. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: hawthorn)

YesDok Ads