Jantung Lebih Sehat dengan 4 Olahraga Ini

May 13, 2020 | Claudia

Yoga

Di masa pandemi, menjaga diri untuk tetap sehat dan aktif adalah hal yang penting. Olahraga merupakan salah satu hal yang harus dilakukan, demi menyehatkan tubuh kita.

Olahraga sangat baik untuk kesehatan jantung kita. Jantung merupakan salah satu organ vital yang memiliki tugas memompa darah ke seluruh tubuh. Ini artinya, jantung juga memiliki fungsi mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, sehingga organ-organ dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Menjaga jantung tetap sehat dapat dimulai dengan rutin berolahraga dan menjalani diet sehat. Olahraga yang rutin, akan membawa banyak sekali manfaat untuk jantung, seperti mengurangi risiko gagal jantung, mengurangi risiko hipertensi, memperbaiki suasana hati, membantu mencapai berat badan ideal, meningkatkan kualitas tidur, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa jenis olahraga yang sangat baik untuk jantung Anda. Jika Anda ingin hidup lebih sehat dengan kondisi jantung yang prima, maka olahraga-olahraga ini patut dicoba:

Senam jantung

Salah satu olahraga yang sangat baik untuk kesehatan jantung adalah senam jantung. Meski olahraga ini lebih terkenal di kalangan orang-orang tua, anak muda sebenarnya juga baik melakukan olahraga senam jantung ini. Setiap gerakan dalam senam jantung, sangat berfokus dalam menjaga dan meningkatkan performa jantung. Rutin melakukan senam jantung juga bisa menormalkan denyut nadi dan memperlancar aliran darah Anda.

Yoga

YesDok Ads

Salah satu olahraga yang sangat bisa Anda lakukan di rumah saja dan baik untuk kesehatan jantung adalah yoga. Ada tiga macam teknik dalam yoga, yakni peregangan, pernapasan dan relaksasi. Ketiga teknik ini mampu membawa manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Lari

Berlari merupakan salah satu olahraga termudah yang bisa Anda lakukan. Tak perlu ke fasilitas olahraga, Anda bahkan bisa melakukan olahraga lari di area sekitar perumahan Anda. Berlari dapat membantu merangsang aliran darah dalam tubuh, sehingga dapat memperlancar sirkulasi darah. Saat aliran darah dalam tubuh lancar, maka kinerja jantung tidak akan terbebani. Berlari juga dapat membantu menjaga ritme jantung tetap normal.

Bersepeda

Bersepeda juga menjadi salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan jantung. Namun, jika Anda ragu untuk melakukannya di luar rumah, maka Anda bisa mencoba melakukan olahraga ini dengan bantuan sepeda statis. Bersepeda selama 30-600 menit dalam sehari, dapat mengurangi risiko serangan jantung akibat stres, dan juga bermanfaat untuk memperkuat kinerja otot jantung. Pada saat mengayuh pedal sepeda, seluruh otot tubuh ikut bekerja, termasuk otot jantung. Rutin bersepeda akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

(Freepik/senivpetro)

YesDok Ads