Jangan Sampai Bibir Menghitam, Ini Tipsnya!

July 04, 2019 | Claudia

Bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang sensual dan paling menarik dipandang. Bibir alaminya berwarna merah muda atau merah, sehingga membuat wajah Anda terlihat cerah. Namun, beberapa masalah dapat menyebabkan perubahan warna pada bibir Anda.

Bibir tidak seharusnya berwarna gelap atau menghitam. Bibir hanya memiliki 3-5 lapis sel, dan ini yang membuatnya berbeda dengan kulit bagian tubuh yang lain, misalnya kulit wajah yang memiliki hingga 16 lapis sel. Lapisan kulit yang sedikit membuat kulit bibir mengandung lebih sedikit pigmen melamin.

Tipisnya lapisan bibir membuat pembuluh darah di dalamnya menjadi terlihat, dan inilah yang membuat bibir berwarna merah. Gaya hidup yang buruk seperti merokok, minum minuman yang panas dan berkafein, juga terjadinya ketidakseimbangan hormon, mampu membuat bibir kita menjadi lebih gelap.

Namun, ada beberapa hal yang bisa membantu mencegah bibir menjadi gelap, apa saja?

Gunakan scrub bibir

Gula merupakan bahan scrub alami yang tidak hanya berfungsi untuk kulit Anda namun juga bisa Anda gunakan untuk mengangkat sel kuli mati dan segala kotoran dari bibir Anda.

Buatlah scrub dengan mencampurkan setengah sendok teh gula dan satu sendok teh perasan lemon. Gosok secara lembut pada seluruh area bibir selama 5-10 menit. Jika sudah, bilaslah dengan air hangat. Gunakan scrub pada bibir Anda 3-4 kali dalam seminggu.

YesDok Ads

Pijat dengan sikat gigi

Memijat kulit bibir dengan sikat gigi dapat menghilangkan kotoran dan meningkatkan sirkulasi darah. Pijatan ini juga dapat mengurangi warna bibir yang hitam atau gelap.

Gunakanlah sikat gigi berbulu lembut dn pijat secara lembut bibir Anda menggunakan sikat gigi ini. Setelah 5-10 menit, bilas bibir Anda dengan air hangat.

Rose water dan madu

Kombinasi antara gula dan rose water dapat membuat bibir Anda menjadi lebih cerah dan lebih lembut.

Campurkan setengah sendok teh madu alami dan satu sendok teh rose water. Setelah tercampur sampai merata, aplikasikan madu dan rose water ini di seluruh area bibir Anda. Biarkan kering hingga 20 menit kemudian bilas dengan air dan cleanser yang ringan.

(Foto: allure.com)

YesDok Ads