Diet
+1

Jangan Salah Pilih, Ini Minyak Terbaik Untuk Diet

March 13, 2021 | Aqiyu

minyak untuk diet

Saat diet, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang diolahnya tidak dengan cara digoreng. Namun, kenyataannya makanan berminyak atau bahkan gorengan sangat menggoda dan menggugah selera makan.

Meski minyak merupakan salah satu sumber lemak penting pada makanan, namun jika takarannya tidak tepat bisa memicu kenaikan berat badan. Dilansir dari Cleveland Clinic, minyak diklasifikasikan berdasarkan nutrisi sebagai lemak jenuh dan tidak jenuh.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan minyak goreng yang baik untuk diet. Minyak goreng yang lebih sehat ini biasanya memiliki kadar lemak tak jenuh tunggal yang tinggi sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol serta menyehatkan jantung. Selain itu, minyak untuk diet ini dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Berikut deretan minyak goreng yang baik untuk diet:

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung lemak tak jenuh sehingga minyak jenis ini cocok digunakan untuk diet. Minyak kelapa diketahui mengandung trigliserida rantai menengah berupa asam laurat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Anda bisa memilih minyak kelapa extra virgin untuk mengikis lemak perut. Minyak kelapa sebaiknya tidak digunakan untuk menggoreng. Sebab, jika terkena suhu panas minyak kelapa akan rusak.

Minyak canola

YesDok Ads

Sesuai dengan namanya, minyak ini terbuat dari biji tanaman canola dan baik untuk menggoreng makanan saat diet. Minyak canola mengandung 63% lemak tak jenuh tunggal dan asam alfa-linoleat. Selain itu, minyak canola terbukti rendah kandungan asam lemak.

Minyak jagung

Kandungan asam lemak jenuh yang lebih rendah ketimbang minyak sawit. Serta kandungan asam oleat, asam linoleat dan asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan kandungan pada minyak jagung bisa mempercepat regenerasi sel kulit mati dan menutrisi kulit.

Minyak zaitun

Khasiat minyak zaitun ini sudah tidak diragukan lagi. Minyak zaitun diperkaya dengan lemak sehat, lemak tak jenuh tunggal. Minyak zaitun merupakan pilihan terbaik untuk memasak makanan saat diet untuk menurunkan berat badan. Dilansir WebMD, minyak zaitun dapat menurunkan tekanan darah, melawan peradangan, mencegah pembekuan darah hingga menyehatkan pembuluh darah.

(Foto: parenting first cry)

YesDok Ads