Jangan Remehkan, Ini Manfaat Rutin Minum Air Jahe

August 07, 2022 | Aqiyu

Jangan Remehkan, Ini Manfaat Rutin Minum Air Jahe

Banyak bahan herbal di Indonesia yang dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. salah satunya adalah jahe. Jahe umumnya digunakan untuk bumbu makanan karena aromatic jahe dan rasanya yang pedas mampu meningkatkan cita rasa masakan. Namun disisi lain, minum air jahe sebelum tidur menyimpan banyak manfaat yang jarang diketahui.

Menurut sebuah studi dalam “Advances in Experimental Medicine and Biology” komponen gingerol pada jahe bermanfaat sebagai senyawa dengan efek anti inflamasi yang kuat. Sehingga membantu meredakan peradangan. Selain itu jahe juga sarat dengan antioksidan yang tinggi. Nah, berikut ini manfaat rutin minum air jahe yang tidak boleh diremehkan:

Cegah kanker

Kandungan antioksidan pada jahe bisa membantu mencegah kanker dna melawan radikal bebas pada tubuh. Bahkan dalam penelitian BMC Complementary Medicine and Therapies menemukan bahwa manfaat jahe dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker ovarium. Kandungan jahe dinilai efektif dalam mengendalikan peradangan yang berkontribusi dalam perkembangan sel kanker ovarium.

Menurunkan berat badan

Bila Anda sedang menjalani diet, Anda wajib mencoba rutin meminum air jahe. Karena minum air jahe sangat membantu proses diet jika dikonsumsi sebagai sarapan. Minum air jahe dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Minum air jahe juga disebut-sebut dapat menekan nafsu makan seseorang. Daripada penasaran yuk Cobain minum air jahe saat diet.

Mengurangi risiko penyakit jantung

YesDok Ads

Menurut sebuah studi mengonsumsi jahe setiap hari dikaitkan dengan 8% risiko lebih rendah terkena hipertensi dan 13% risiko lebih rendah mengalami penyakit jantung koroner pada orang dewasa. Sebab, jahe dapat mencegah pembekuan darah di pembuluh darah jantung.

Meredakan nyeri menstruasi

Untuk para wanita yang sering kali berjuang melawan rasa nyeri saat menstruasi, bisa mulai mencoba minum air jahe. Minum air jahe dapat membantu meredakan nyeri menstruasi karena dalam kandungan jahe dapat menekan produksi bahan kimia yang menyebabkan kontraksi rahim dna nyeri menstruasi. Jahe juga menurunkan kadar prostaglandin atau hormone yang menyebabkan rasa sakit.

Menyehatkan mulut

Sifat antibakteri dan antiinflamasi pada jahe dapat membantu menjaga kesehatan mulut. Senyawa jahe yang Bernama gingerol ini dapat mencegah bakteri mulut agar tidak berkembang dan menyebabkan berbagai macam penyakit mulut.

(Foto: medical news today)

YesDok Ads