Sexuality
Adult
+1

Jangan Remehkan, Ini Ciri-Ciri Orang Kecanduan Seks

December 04, 2022 | Aqiyu

Ciri-Ciri Orang Kecanduan Seks

Kecanduan seks disebut juga dengan gangguan hiperseksual. Dimana seseorang tidak dapat mengendalikan perilaku, pikiran dan hasrat seksualnya. Namun, tidak jarang ciri-ciri kecanduan seks ini tidak disadari. Pecandu seks biasanya memikirkan atau melakukan tindakan seksual secara terus menerus. Dampak buruknya dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari. Berikut ini ciri-ciri kecanduan seks yang wajib diketahui.

Menurut American Association of Sexuality Educators, Counselors and Therapist (AASECT), kecanduan seksual bukanlah gangguan psikologis yang bisa didiagnosis. Bahkan kondisi kecanduan seks ini dapat berdampak negatif pula pada kesehatan fisik dan mental seseorang, kualitas hidup, sosialisasi dengan lingkungan, hubungan pribadi hingga keselamatan jiwanya. Sebab, pecandu seks dapat mengubah hidupnya secara drastis hanya untuk melakukan kegiatan seksual beberapa kali dalam sehari.

Beberapa pakar telah memperkirakan  sekitar 3-6 persen populasi manusia mengidap kecanduan seks. Sebagian besar didominasi oleh pria dan sekitar 20% wanita yang kecanduan seks. Berikut ini ciri-ciri orang kecanduan seks:

Sering masturbasi

Seperti dikatakan sebelumnya, pecandu seks dapat merubah kehidupan dan mengesampingkan aktivitas lainnya hanya untuk melakukan tindakan seksual. Hal ini ditandai dengan seringnya masturbasi beberapa kali dalam sehari.

Cemas berlebihan

Seseorang yang sudah kecanduan seks dan pornografi akan sering terlihat cemas dan gugup ketika diajak berkomunikasi dengan orang lain. Karena hasrat seksual bisa muncul kapan saja dan dimana saja. Saat hasrat seksual tidak tersalurkan meski hanya satu hari tetapi dapat membuat pecandu seks merasa cemas.

Bereksplorasi soal seks

Demi memuaskan hasrat seksual dalam dirinya, pecandu seks akan melakukan berbagai macam hal untuk mencari cara lain agar hasratnya dapat tersalurkan dan terpuaskan. Sehingga pecandu seks akan terus eksplorasi soal seks.

YesDok Ads

Terobsesi oleh seks

Orang yang kecanduan seks akan menghabiskan waktunya hanya untuk memikirkan tentang seks. Hal inilah yang membuat mereka kesulitan fokus pada hal lainnya. Obsesi seputar seks ini biasanya meliputi bagaimana cara dirinya memperoleh seks, seberapa banyak seks yang akan dilakukan, bagaimana menyembunyikannya dari orang lain dan lain sebagainya.

Menjadi seks sebagai kebiasaan

Bagi pecandu seks kegiatan seksual dapat memberikan efek bahagia hingga pelepas penat. Tidak heran jika pecandu seks memiliki kebiasaan untuk berfantasi seksual dan berhubungan seks menjadi hal yang diutamakan untuk memberikan kenyaman pada dirinya,

Berikut adalah Ciri-Ciri Orang Kecanduan Seks, apakah Anda salah satunya? Konsultasikan pada dokter YesDok jika Anda mengalami ciri-ciri dari kecanduan seks di atas.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: renews)

YesDok Ads