0 Point
keputihan saat hamil

Jangan Percaya 4 Mitos Keputihan Ini

Keputihan merupakan lendir putih atau cairan bening yang keluar dari vagina dan kondisi normal yang terjadi setiap bulan pada wanita. Keputihan terjadi sebagai proses normal, menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi dan masa subur. Terkadang keputihan juga bisa dijadikan sebagai indikator kesehatan. 

Beberapa kondisi kesehatan pada wanita bisa dilihat dari keputihan yang keluar normal atau tidak. Sehingga banyak mitos yang beredar mengenai keputihan. Berikut mitos seputar keputihan yang tidak perlu dipercaya dan menyesatkan: 

Mitos: Keputihan tanda vagina tidak sehat

Faktanya, keputihan yang dialami oleh wanita adalah hal yang normal. Ada keputihan yang termasuk dalam kategori keputihan normal. Dengan ciri-ciri keputihan berwarna jernih hingga putih, teksturnya kenyal seperti lendir dan tidak menggumpal, juga tidak berbau. Keputihan normal ini tidak menimbulkan keluhan lain seperti gatal dan nyeri.

Mitos: Harus pakai panty liner saat keputihan

Panty liner adalah semacam pembalut namun lebih tipis terbuat dari bahan penyerap. Fungsi panty liner ini untuk menyerap cairan seperti keputihan. Tapi Anda tidak diwajibkan untuk menggunakan panty liner saat mengalami keputihan. Anda cukup rutin mengganti celana dalam, membersihkan air dengan air mengalir dan mengeringkannya dengan handuk atau tisu kering.

Mitos: vaginal douching bisa bersihkan keputihan

Vaginal douching merupakan aktivitas membilas vagina dengan cairan khusus pembersih miss V yang dikemas  dalam bentuk semprotan atau kantung dengan selang. Biasanya vaginal douche ini mengandung air, baking soda, cuka, pewangi dan antiseptik. Namun, melakukan vaginal douching dapat menyebabkan keputihan tidak normal akibat pertumbuhan kuman dan mengganggu keseimbangan pH vagina.

Mitos: Bersihkan vagina dengan sabun agar keputihan tidak bau

Faktanya, membersihkan vagina dengan sabun dengan tujuan agar tidak bau saat keputihan adalah tidak benar. Justru, membersihkan vagina dengan sabun baik menggunakan sabun khusus vagina dapat mengganggu keseimbangan pH vagina.

(Foto: zivame)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok