Jangan Paksa Anak Untuk Vaksinasi Covid-19 Jika Dalam Kondisi Ini

February 05, 2022 | Aqiyu

vaksinasi anak

Untuk membentuk herd immunity pada anak, pemerintah kini terus menggalakkan vaksinasi covid-19 untuk anak-anak berusia 12-17 tahun. Anak-anak berusia 12 tahun ke atas sudah bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19 sesuai dengan Surat Edaran nomor HK.02.02/I/1727/2021 tentang Vaksinasi Tahap 3 bagi Masyarakat Rentan, Masyarakat Umum Lainnya, dan Anak Usia 12-17 tahun yang dikeluarkan oleh Kemenkes.

Meski vaksinasi Covid-19 dapat memberikan perlindungan pada anak-anak, namun jangan memaksa anak untuk melakukan vaksin Covid-19. Sebab, ada beberapa kondisi dimana anak-anak tidak boleh mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Mengutip dari Satgas Covid-19, segerakan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12-17 tahun kecuali:

  • Demam 37.5 derajat celcius atau lebih

Jika anak mengalami demam atau suhu di atas 37,5, sebaiknya Anda menunda vaksinasi pada mereka hingga anak sembuh.

  • Sembuh dari Covid-19 kurang dari tiga bulan

Untuk anak-anak penyintas COVID-19, pelaksanaan vaksinasi dianjurkan untuk ditunda hingga 3 bulan setelah sembuh.

YesDok Ads

  • Pasca imunisasi lain kurang dari satu bulan.

 Untuk anak-anak yang baru saja atau belum genap sebelum mendapatkan vaksin lain,sebaiknya tunda untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

  • Memiliki hipertensi, diabetes melitus, penyakit-penyakit menahun, kelainan bawaan, defisiensi imun primer, penyakit autoimun.
  • Memiliki penyakit sindrom Guillain Barre, Mielitis Transversa, Acute Demyelinating Encephalomyelitis.
  • Anak dengan kanker yang sedang menjalani kemoterapi atau radioterapi.
  • Sedang mendapat pengobatan imunosupresan atau sitostatika berat.

Saat dalam penanganan terapi imunosupresan jangka panjang, (steroid lebih dari 2 minggu, sitotatistika) vaksinasi anak harus ditunda, sampai dinyatakan boleh oleh dokter yang merawat.

Bila anak dalam kondisi tersebut, tunda vaksinasi dan konsultasikan dengan petugas Kesehatan. Selain itu, vaksinasi untuk anak berusia 6-11 tahun  dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70% dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60%. Vaksinasi anak usia 6-11 tahun dengan jumlah sasaran sekitar 26,5 juta anak.

(Foto: cleveland clinic health essentials)

YesDok Ads