Diet
+1

Jangan Makan Makananan Ini, Jika Takut Diare!

August 05, 2021 | Claudia

Makanan berlemak

Diare adalah kondisi umum dengan banyak penyebab. Beberapa kasus diare disebabkan oleh infeksi. Namun diare kadang juga menjadi efek samping dari berbagai pengobatan atau salah satu gejala dari penyakit, seperti radang usus dan penyakit celiac.

Selain itu, ada pula beberapa makanan yang bisa memicu terjadinya diare pada seseorang, makanan itu adalah:

Laktosa

Orang yang memiliki kondisi intoleransi laktosa, mungkin akan mengalami diare dan sejumlah gejala lain ketika mereka mengonsumsi susu dan produk susu. Akan tetapi, beberapa orang yang memiliki kondisi intoleransi laktosa mungkin dapat mentoleransi sejumlah kecil produk susu atau produk susu yang lebih rendah laktosa. Ini termasuk yoghurt dan kefir.

Gluten

YesDok Ads

Gluten adalah protein dalam gandum dan banyak orang memiliki masalah dalam mencernanya. Ketika seseorang menderita penyakit celiac, sistem kekebalannya akan bereaksi terhadap gluten dan memicu kerusakan pada usus kecil. Akan tetapi, seseorang yang tidak memiliki penyakit celiac pun bisa memiliki masalah dalam menoleransi gluten. Jika Anda mencurigai bahwa gluten mungkin bertanggung jawab atas diare yang Anda alami, maka cobalah untuk menemui dokter untuk mengetahui penyebab yang tepat.

Makanan tinggi lemak dan pedas

Makanan yang digoreng dan makanan yang mengandung banyak lemak dapat menyebabkan diare, karena sulit diproses oleh tubuh. Untuk itu, sangat penting untuk memeriksa kandungan lemak dalam setiap makanan yang hendak Anda makan. Selain makanan berlemak, makanan dengan rasa yang pedas yang biasanya mengandung cabai juga menjadi penyebab umum dari diare.

(Foto: cookinglight.com)

YesDok Ads