Jangan Makan Makanan Ini Saat Buka Puasa

April 11, 2022 | Aqiyu

makanan berbuka puasa

Puasa adalah menahan lapar dan haus seharian. Untuk itu, Anda harus mempersiapkan diri dengan menu buka puasa makanan sehat. Mengatur makanan saat berbuka puasa untuk mencegah tubuh lemas dan tetap bugar. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa.

Pilihlah menu berbuka puasa seperti makanan yang mengandung serat, protein, karbohidrat kompleks dan nutrisi lainnya. Makanan-makanan tersebut bisa anda temui pada ikan, daging, ayam, sayuran dan buah. Berikut makanan dan minuman yang harus dihindari saat berbuka puasa:

Makanan berminyak atau gorengan

Gorengan selalu menjadi langganan makanan yang hadir di meja saat berbuka puasa. Namun sayangnya makanan berminyak seperti gorengan tidak disarankan untuk selalu menjadi menu buka puasa. Karena gorengan mengandung lemak jenuh yang tinggi. Gorengan juga dapat meningkatkan produksi asam lambung bahkan dapat memberikan kesan begah pada perut. Bahkan tidak menutup kemungkinan gorengan dapat membuat berat badan naik.

Makanan tinggi gula

Makanan dan minuman manis untuk berbuka puasa memang selalu menggoda. Padahal makanan dan minuman manis ini tidak baik jika dikonsumsi setiap hari saat berbuka puasa. Selain dapat membuat lonjakan berat badan, makanan minuman yang tinggi gula juga dapat memicu gula darah tidak stabil.

Makanan yang pedas

YesDok Ads

Makanan yang pedas merupakan salah satu makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa. Karena makanan pedas dapat menyebabkan sakit perut sehingga memicu heartburn di ulu hati. Jika anda ingin mengkonsumsi makanan pedas sebaiknya Anda mengisi perut terlebih dahulu dengan makanan lainnya. Pastikan pula anda tidak memakan makanan pedas dalam jumlah yang banyak dan berlebihan.

Makanan berat

Saat berbuka puasa sebaiknya tidak langsung mengonsumsi makanan berat. Langsung mengonsumsi makanan berat saat perut kosong dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan ini biasanya ditandai dengan perut kembung, begah dan sakit bahkan bisa menyebabkan mual dan muntah.

Makanan olahan atau kemasan

Beberapa orang berbuka puasa dengan makanan yang praktis. Tapi bukan berarti Anda harus mengonsumsi makanan olahan atau kemasan. Mengingat makanan kemasan mengandung bahan kimia yang berbahaya jika masuk ke tubuh. Bila Anda setiap hari mengkonsumsi makanan kemasan atau olahan maka dapat menyebabkan penumpukan bahan kimia dalam tubuh.

(Foto: unsplash)

YesDok Ads