Jangan Makan Ini Setelah Operasi Caesar

August 15, 2022 | Aqiyu

Jangan Makan Ini Setelah Operasi Caesar

Operasi Caesar adalah salah satu Tindakan dalam persalinan bila kondisi ibu hamil tidak memungkinkan untuk melakukan persalinan normal. Pemulihan pasca persalinan melalui operasi Caesar dan normal tentu berbeda, termasuk dengan pantangan makanan yang boleh dan tidak untuk dimakan. Berikut ini pantangan makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari oleh ibu yang melakukan operasi Caesar: 

Gorengan

Ibu yang melahirkan secara Caesar sangat dipantang untuk mengonsumsi gorengan pasca operasi. Sebab, gorengan menjadi salah satu makanan yang sulit untuk dicerna tubuh dan membuat perut kembung. Sehingga makanan gorengan ini memicu gangguan pencernaan. Sebagai penggantinya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang dibuat dengan cara dikukus atau rebus. Jangan lupa mengonsumsi makanan yang tinggi serat untuk mencegah gangguan pencernaan.

Makanan tinggi gula

Makanan manis memang menggoda lidah. Namun sayangnya makanan yang mengandung tinggi gula ini dapat menyebabkan peradangan pada tubuh. Perlu diketahui makanan manis juga bisa memengaruhi proses penyembuhan luka pasca operasi.

Minuman berkafein

Setelah operasi Caesar sebaiknya hindari mengonsumi makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh. Sifat diuretik pada kafein bisa membiat Anda ingin buang air kecil terus. Kafein juga dapat berdampak pada ASI.

YesDok Ads

Makanan pedas

Makanan pedas identic bikin perut mulas. Makanan pedas bisa menjadi pemicu masalah asam lambung, membuat sering BAB dan mengejan. Akibatnya, luka bekas jahitan Caesar bisa lama sembuhnya.

Sayuran tinggi gas

Sayuran dikenal sebagai makanan sehat, tapi beberapa jenis sayuran tertentu sebaiknya Anda hindari setelah operasi Caesar. Salah satunya sayuran yang tinggi gas seperti brokoli, kol, dan kubis. Sayuran yang mengandung tinggi gas ini dapat membuat perut kembung, meningkatnya gas di dalam perut yang membuat tidak nyaman pada luka bekas operasi.

Makan pemicu batuk

Batuk setelah melakukan operasi Caesar sangat menyakitkan di bagian bekas luka jahitan. Hindari makanan dan minuman pemicu batuk seperti yang mengandung pemanis buatan, pewarna buatan dan pengawet.

(Foto: metro)

YesDok Ads