Jangan Makan Ini saat Sakit Gigi

January 03, 2020 | Claudia

Sakit gigi

Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang sangat menyiksa. Ketika mengalaminya, Anda kemungkinan akan kesulitan untuk makan atau bahkan berbicara. Saat mengalami sakit gigi, Anda biasanya juga akan mengalami sejumlah masalah lain seperti sakit kepala hingga demam.

Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit gigi, seperti gusi bengkak atau beberapa jenis infeksi gigi. Oleh karena itu menjaga kebersihan gigi dengan tepat merupakan hal penting yang harus dilakukan setiap orang.

Saat seseorang malas menjaga kebersihan giginya, akan ada sejumlah masalah gigi yang bisa mengganggu kenyamanan, seperti bau mulut, gigi sensitif, gusi berdarah, sakit gigi, sariawan dan infeksi.

Meskipun menjaga kesehatan gigi yang tepat dapat dimulai dengan menyikat gigi dua kali sehari secara teratur, penting untuk diingat bahwa ini saja tidak cukup. Menjaga diri untuk tidak mengonsumsi beberapa makanan tertentu yang dapat menyebabkan sakit gigi juga sangat penting untuk dilakukan. 

Berikut beberapa makanan yang harus dihindari jika Anda tak ingin mengalami sakit gigi:

Permen

Permen mengandung kadar gula yang tinggi, yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Jika Anda ingin memiliki gigi yang sehat, maka Anda harus benar-benar meninggalkan permen. Jika bagi Anda ini masih sulit untuk dilakukan, maka mulailah untuk mengurangi jumlah permen atau cokelat yang Anda makan. Lakukan ini secara bertahap sampai Anda benar-benar bisa lepas dari makanan penuh gula ini.

Teh atau kopi

YesDok Ads

Terlalu banyak minum teh atau kopi dapat merusak gigi Anda. Untungnya, satu hingga tiga cangkir teh dalam sehari masih terbilang aman untuk kesehatan mulut dan gigi. Namun, hal yang sama tidak berlaku untuk kopi. Tanin dalam kopi dapat memengaruhi lapisan enamel gigi, sehingga dapat menodai gigi dan membuat warna gigi berubah kekuningan.

Selain itu, kandungan gula dalam kopi atau teh yang Anda minum, dapat membuat gigi menjadi tempat berkembang biak yang nyaman untuk bakteri. Solusi terbaik untuk mencegah masalah ini adalah dengan mengganti kopi atau teh Anda dengan secangkir teh hijau. Teh hijau tidak hanya baik untuk kesehatan mulut, tetapi juga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Ini karena teh hijau dapat mendetoksifikasi tubuh Anda. Konsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu melindungi gigi dari lubang, bau mulut, dan penyakit gusi.

Buah jeruk

Kita semua tahu bahwa buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C yang sangat penting untuk tubuh kita. Namun, kandungan asam yang tinggi dalam buah ini dapat menyebabkan enamel gigi melemah dan mengalami demineralisasi seiring berjalannya waktu. Area enamel gigi yang lunak ini kemudian akan berubah warna dan akhirnya membusuk.

Untuk menjaga kebutuhan vitamin C tubuh Anda, Anda masih bisa mengonsumsi buah-buahan ini dengan cara yang lebih aman sehingga dapat mencegah erosi enamel. Pastikan Anda tidak mengisap buah lemon atau buah sitrus lainnya yang sangat asam. Jika Anda ingin minum jus jeruk, pastikan untuk menggunakan sedotan saat meminumnya. Bilas mulut Anda dengan air setelah makan buah-buahan sitrus. Ini dapat membantu mencairkan asam di mulut Anda. Pastikan Anda menunggu setidaknya 30 menit sebelum menyikat gigi setelah makan buah jeruk.

Minuman bersoda

Sebagian besar minuman bersoda bersifat asam dan karenanya tidak baik untuk kesehatan gigi Anda. Selain gula, minuman bersoda juga mengandung asam fosfat dan sitrat yang dapat merusak enamel dan meningkatkan risiko gigi berlubang. Jika memang Anda masih ingin mengonsumsi minuman bersoda, pastikan Anda juga minum segelas air putih setelahnya.

(Foto: mcallisterdentistry.ca)

YesDok Ads